PENGEMBANGAN AUGMENTED REALITY STUDENT WORKSHEET DENGAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA
Nurul Faizah, 4101417077 (2023) PENGEMBANGAN AUGMENTED REALITY STUDENT WORKSHEET DENGAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF (skripsi)
Restricted to Repository staff only Download (14MB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan representasi matematika merupakan konsep dasar yang harus dimiliki siswa untuk mengembangkan pemahaman dalam matematika dan membantu siswa mengomunikasikan pemikiran siswa. Berdasarkan penelitian terdahulu menyimpulkan bahwa kemampuan representasi matematis siswa dapat ditunjang melalui pembelajaran berbasis masalah yaitu model problem based learning. Oleh karena itu, untuk membantu siswa menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan bangun ruang, maka dibuat augmented reality student worksheet. penelitian ini bertujuan (1) Mendeskripsikan kevalidan augmented reality student worksheet dengan problem based learning untuk mendukung kemampuan representasi matematis siswa, (2) Mendeskripsikan kepraktisan augmented reality student worksheet dengan problem based learning untuk mendukung kemampuan representasi matematis siswa, (3) Mengetahui keefektifan augmented reality student worksheet dengan problem based learning untuk mendukung kemampuan representasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate). Berdasarkan hasil penelitian telah diperoleh produk berupa augmented reality student worksheet pada materi bangun ruang sisi datar yang telah divalidasi oleh ahli materi, ahli media dan guru serta diujicobakan kepada sepuluh siswa, kemudian diimplementasikan pada kelas eksperimen. Hasil validasi augmented reality student worksheet tersebut sebesar 87,29% yang artinya memenuhi kriteria sangat valid dan dapat digunakan. Sementara hasil uji coba augmented reality student worksheet tersebut sebesar 76,13% yang artinya memenuhi kriteria praktis dan dapat digunakan dengan revisi kecil sesuai saran. Selain itu, hasil implementasi pada pembelajaran menunjukkan bahwa augmented reality student worksheet dengan problem based learning memenuhi kriteria efektif untuk mendukung kemampuan representasi matematis siswa. Hal tersebut ditunjukkan berdasarkan hasil analisis data pretest dan posttest siswa terhadap kemampuan representasi matematis siswa yang menunjukkan (1) mencapai ketuntasan secara individu; (2) mencapai ketuntasan secara klasikal; dan (3) ada peningkatan kemampuan representasi matematis siswa setelah diterapkannya augmented reality student worksheet dengan problem based learning dimana berdasarkan uji N-gain diperoleh nilai 〈
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Augmented Reality Student Worksheet, Problem Based Learning, Kemampuan Representasi Matematis Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 25 Mar 2024 03:04 |
Last Modified: | 25 Mar 2024 03:04 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62233 |
Actions (login required)
View Item |