PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PREZI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN PELAJARAN IPS KELAS V DI SDN TRETEP KABUPATEN TEMANGGUNG


Yulinda Ferdiyanti, 1401418407 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PREZI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN PELAJARAN IPS KELAS V DI SDN TRETEP KABUPATEN TEMANGGUNG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (15MB) | Request a copy

Abstract

Ferdiyanti Yulinda. 2022 Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Prezi Untuk Meningktkan Hasil Belajar Siswa Pada Muatan Pelajaran IPS Kelas V SD N Tretep Kabupaten Temanggung. Sarjana Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Elok Fariha Sari, S.Pd. Si, M.Pd. 390 Halaman Berdasarkan hasil pra penelitian yang dilakukan di SD Negeri Tretep yang berupa wawancara, data dokumen, dan observasi ditemukan beberapa permasalahan yaitu hasil belajar kognitif siswa pada muatan pelajaran IPS yang belum maksimal yang disebabkan karena penggunaan media pembelajaran hanya menggunakan media pembelajaran. Kemudian guru juga belum memanfaatkan media pembelajaran yang berbasis IT. Peneliti bertujuan mengembangkan, menguji kelayakan dan menguji keefektifan media pembelajaran interaktif berbasis prezi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SDN Tretep. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian Reseach and development (R&D) dengan mengikuti langkah dari Borg and Gall yang diadatasi oleh Sugiyono yang dilalui dengan 8 tahapan Populasi dalam penelitian ini adalah siswa di SD Negeri Tretep yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data produk, analisis data awal dan analisis data akhir. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis prezi ini berhasil dikembangkan, layak dikembangkan, dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Media interaktif berbasis prezi dinyatakan layak dengan presentase dari ahli media sebesar 90,63% dan kelayakan oleh ahli materi sebesar 93,75% serta presentase tanggapan guru sebasar 100% dan tanggapan siswa sebesar 98,8%. Berdasarkan uji-t diperoleh sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 sehingga terdapat perbedaan signifikan antara hasil data pretest dan posttest serta uji peningkatan rata-rata (n-gain) sebesar 0,4665 dengan kriteria sedang, sehingga dapat dinyatakan media pembelajaran interaktif berbasis prezi efektif digunakan pada muatan pelajaran IPS. Simpulan penelitian ini yaitu media pembelajaran berbasis prezi efektif digunakan pada muatan IPS materi karakteristik geografis di Indonesia dan pengaruhnya dalam kehidupan . Saran untuk siswa agar produk yang dikembangkan dapat digunakan sebagai sumber belajar, serta guru dapat pula menggunakan media interaktif berbasis prezi pada pembelajaran lain dengan menyesuaikan isi materi yang diajarkan. Saran untuk penelitian lain untuk dapat mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis prezi yang lebih baik dan lebih menarik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: IPS,Interaktif, Media, Prezi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 25 Mar 2024 03:04
Last Modified: 25 Mar 2024 03:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62232

Actions (login required)

View Item View Item