PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MULTI REPRESENTASI UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK SMP PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM


Azimatul Khusniah, 4001418049 (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MULTI REPRESENTASI UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK SMP PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of skripsi] PDF (skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran diselenggarakan dalam suasana belajar yang interaktif; inspiratif; menyenangkan; menantang; memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif. Suasana belajar yang interkatif dan menyenangkan dapat diintegrasikan ke dalam kegiatan pembelajaran. Agar tujuan pembelajaran tercapai, dipilih penunjang pembelajaran berupa bahan ajar untuk memfasilitasi peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik. Bahan ajar berbaantuan website menjadi salah satu pendukung prasarana dalam proses pembelajaran dengan memanfaatkan IPTEK dalam dunia Pendidikan. Penelitian ini menghasilkan produk berupa bahan ajar IPA SMP materi perubahan iklim dan dampaknya pada ekosistem berbasis multi representasi berbantuan website untuk menunjang peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik. Jenis penelitian ini yaitu Research and Development (R&D). Desain pengembangannya menggunakan model ADDIE. Tahapan model ADDIE meliputi analysis, design, development, implementation, and evaluation. Penelitian dilaksanakan di SMP N 32 Semarang. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII B. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan berbagai cara yaitu observasi, tes, dan angket. Hasil uji kelayakan bahan ajar yaitu memiliki nilai aiken’s V sebesar 0,90 dengan kriteria sangat layak. Hasill uji keterbacaan mencapai sebesar 83% dengan kriteria mudah dipahami. Hasil analisis tanggapan peserta didik mencapai 81% dengan kriteria baik. Hasil keefektifan menunjukkan bahan ajar multi representasi dinyatakan efektif digunakan. Analisis Uji N-Gain ternomalisasi dengan skor yang di dapat 0,54 termasuk dalam kriteria sedang. Analisis uji paired sample t-test digunakan untuk membandingkan hasil belajar kognitif peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan bahan ajar. Penggunaan bahan ajar dalam pembelajaran mendapatkan hasil respon baik dari peserta didik. Bahan ajar multirepresentasi untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik SMP pada materi perubahan iklim mendapatkan respons yang baik dari peserta didik untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar, multi representasi, peningkatan, hasil belajar kognitif, perubahan iklim
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 25 Mar 2024 02:57
Last Modified: 25 Mar 2024 02:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62231

Actions (login required)

View Item View Item