PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH MATERI ORGANISASI PERGERAKAN MASA PENDUDUKAN JEPANG DI KELAS XI SMA N 1 TUNTANG


Erwin Alviyanto, 3101418088 (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH MATERI ORGANISASI PERGERAKAN MASA PENDUDUKAN JEPANG DI KELAS XI SMA N 1 TUNTANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini didasarkan pada studi pendahuluan yang dilakukan peneliti menunjukan kurangnya pemanfaatan dan penggunaan media pembelajaran oleh guru sejarah di SMA Negeri 1 Tuntang dalam materi sejarah organisasi pergerakan masa pendudukan Jepang. kegiatan pembelajaran dengan kurangnya pemanfaatan media pembelajaran mengakibatkan pembelajaran menjadi monoton terutama pada materi sejarah organisasi pergerakan masa pendudukan Jepang hal ini berdampak pada pembelajaran sejarah yang membosankan serta kurang menarik. Tujuan penelitian ini antara lain: (1) menganalisis kondisi awal sebelum adanya media pembelajaran e-modul berbasis android (2) menganalisis pengembangan media pembelajaran e-modul berbasis android (3) menganalisis kelayakan media pembelajaran e-modul berbasis android. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian Research and Development dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dibagi menjadi tiga tahapan yaitu tahap pendahuluan, tahap pengembangan, dan tahap evaluasi. Dari masing-masing tahapan tersebut terbagi menjadi sumber data, teknik pengambilan data, uji objektivitas data, teknik analisis data, dan hasil. Hasil dari penelitian ini menunjukan (1) bahwa penggunaan media pembelajaran yang kurang beragam menyebabkan kurangnya minat belajar siswa (2) pengembangan media pembelajaran e-modul berbasis android ini dilakukan dengan tiga tahapan (3) hasil dari penilaian validasi materi tahap I mendapatkan persentase sebesar 96,4%. Hasil validasi materi pada tahap II mendapatkan persentase sebanyak 98,2%. Sedangkan hasil validasi dari ahli media tahap I mendapatkan persentase sebesar 89,2% dan validasi tahap II memperoleh persentase sebesar 96,4%. Selanjutnya media juga di validasi oleh ahli pembelajaran (guru sejarah) dan memperoleh hasil persentase sebesar 85,41%. Selain itu dari siswa, media pembelajaran e-modul berbasis android mendapatkan persentase sebesar 93%. Sehingga media dikatakan sangat layak digunakan untuk pembelajaran sejarah Indonesia

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media E-modul Berbasis Android, Sejarah Organisasi Pergerakan Masa Pendudukan Jepang
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Sejarah, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 25 Mar 2024 02:59
Last Modified: 25 Mar 2024 02:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62230

Actions (login required)

View Item View Item