Kemampuan Mahasiswa Semester VI Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis Jurusan Bahasa Dan Sastra Asing Universitas Negeri Semarang Dalam Menggunakan Modus Indicatif Dalam Karangan Narasi


Dedy Kurniawan Sukarso , 2301407011 (2011) Kemampuan Mahasiswa Semester VI Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis Jurusan Bahasa Dan Sastra Asing Universitas Negeri Semarang Dalam Menggunakan Modus Indicatif Dalam Karangan Narasi. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Kemampuan Mahasiswa Semester VI Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis Jurusan Bahasa Dan Sastra Asing Universitas Negeri Semarang Dalam Menggunakan Modus Indicatif Dalam Karangan Narasi]
Preview
PDF (Kemampuan Mahasiswa Semester VI Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis Jurusan Bahasa Dan Sastra Asing Universitas Negeri Semarang Dalam Menggunakan Modus Indicatif Dalam Karangan Narasi) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada kurikulum sebelum tahun 2008, materi modus indicatif terdapat dalam mata kuliah structure. Namun sejak tahun 2008, kurikulum diubah dan mata kuliah structure secara eksplisit dihilangkan. Pengajaran struktur menjadi implisit diajarkan dalam mata kuliah keterampilan berbahasa, yaitu compréhension orale, production orale, compréhension écrite, dan production écrite. Dengan demikian mahasiswa tidak lagi belajar menggunakan modus indicatif dalam kalimat lepas seperti pada mata kuliah structure secara eksplisit, namun mahasiswa dituntut untuk langsung bisa mengaplikasikan modus indicatif dalam keterampilan berbahasa, yang termasuk di dalamnya adalah keterampilan menulis karangan narasi. Untuk mengetahui kemampuan mereka, penelitian ini diadakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kemampuan mahasiswa semester VI Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis Jurusan Bahasa dan Sastra Asing Universitas Negeri Semarang dalam menggunakan modus indicatif dalam karangan narasi. Variabel penelitian ini adalah kemampuan mahasiswa semester VI Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis Jurusan Bahasa dan Sastra Asing Universitas Negeri Semarang dalam menggunakan modus indicatif dalam karangan narasi. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester VI Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis Jurusan Bahasa dan Sastra Asing Universitas Negeri Semarang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tulis, yaitu responden diminta untuk menulis karangan narasi. Penelitian ini menggunakan validitas isi dan untuk mengukur reliabilitas angket digunakan rumus Test Retest. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan rumus deskripsi persentase. Dari hasil analisis diperoleh nilai rata-rata seluruh responden 77,9 yang termasuk dalam kategori “Baik”. Namun, masih ditemukan beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh responden seperti responden tidak dapat memunculkan 8 modus indicatif yang diteliti dalam penelitian ini dan masih ditemukan penggunaan kala waktu yang tidak tepat. Selain itu, sebagian responden tidak memperhatikan aspek kohesi dan koherensi cerita sehingga membuat cerita tidak padu yang terkesan hanya menumpuk kalimat demi kalimat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Indicatif, Narasi
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 25 Oct 2011 08:35
Last Modified: 25 Apr 2015 06:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6223

Actions (login required)

View Item View Item