IMPLEMENTASI MODEL ARGUMENT-DRIVEN INQUIRY (ADI) MATERI GERAK BENDA DAN MAKHLUK HIDUP DI LINGKUNGAN SEKITAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS


Melia Namira Salsabila, 4001418032 (2022) IMPLEMENTASI MODEL ARGUMENT-DRIVEN INQUIRY (ADI) MATERI GERAK BENDA DAN MAKHLUK HIDUP DI LINGKUNGAN SEKITAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of skripsi] PDF (skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi model ADI terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan menggunakan non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kalimanah. Sampel dipilih menggunakan teknik cluster random sampling dimana kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik sebanyak 32 orang pada tiap kelasnya. Penelitian ini menggunakan soal tes uraian untuk mendapatkan data hasil belajar kognitif dan data keterampilan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model ADI berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa yang dibuktikan dengan hasil uji t-test yaitu thitung 3,07 > 1,99 ttabel. Pembelajaran menggunakan model ADI juga berpengaruh meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Siswa memberikan tanggapan yang positif terhadap pelaksanaan pembelajaran menggunakan model ADI terhadap keterampilan berpikir kritis. Hasil survei angket tanggapan peserta didik menunjukan bahwa sebagian besar peserta didik memberikan jawaban sangat baik dengan persentase rata-rata sebesar 81,29%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Argument Driven Inquiry (ADI), Materi Gerak Benda dan Makhluk Hidup di lingkungan sekitar, Keterampilan Berpikir Kritis.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 25 Mar 2024 02:47
Last Modified: 25 Mar 2024 02:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62228

Actions (login required)

View Item View Item