NILAI KONSERVASI LINGKUNGAN DAN KELAYAKAN KUMPULAN CERPEN KISAH GANJIL PELAUT DAN KISAH�KISAH LAINNYA SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA SMA


Amilia Buana Dewi Islamy, 2101418013 (2022) NILAI KONSERVASI LINGKUNGAN DAN KELAYAKAN KUMPULAN CERPEN KISAH GANJIL PELAUT DAN KISAH�KISAH LAINNYA SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA SMA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran untuk KD 3.8 membutuhkan bahan ajar cerpen yang memiliki muatan nilai kehidupan dan kelayakan yang baik. Bahan ajar yang kurang bervariatif perlu diperbarui sesuai dengan keadaan peserta didik. Cerpen�cerpen sebagai bahan ajar harus mampu mengembangkan kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotor peserta didik. Selain itu sebaiknya cerpen yang digunakan memiliki sifat aktual merespons berbagai fenomena alam dan sosial yang terjadi, misalnya bencana atau pandemi. Sementara itu, krisis iklim dan kerusakan lingkungan yang terjadi mendorong guru untuk mampu menyediakan bahan ajar dengan muatan nilai konservasi lingkungan untuk dibelajarkan. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsi muatan konservasi lingkungan yang terdapat dalam cerpen buku kumpulan cerpen “Kisah Ganjil Pelaut dan Kisah-Kisah Lainnya”, (2) mendeskripsi kelayakan cerpen yang terdapat pada buku kumpulan cerpen “Kisah Ganjil Pelaut dan Kisah-Kisah Lainnya” sebagai alternatif bahan ajar Bahasa Indonesia mengenai apresiasi sastra di kelas XI KD 3.8. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber datanya adalah buku Kumpulan Cerpen Kisah Ganjil Pelaut dan Kisah-Kisah Lainnya yang memuat 11 cerpen dan masing-masing cerpen dianalisis. Sementara itu teknik pengumpulan data menggunakan teknik studi dokumen dan analisisnya menggunakan menggunakan model alir oleh Miles dan Hubberman. Hasilnya adalah keseluruhan cerpen memuat nilai konservasi lingkungan dengan rincian enam cerpen yang memenuhi keempat aspek kelayakan, dua cerpen yang perlu diperhatikan kebahasaannya, dua cerpen yang perlu diperhatikan sisi psikologinya, dan satu cerpen yang belum memenuhi kelayakan dari segi bahasa, psikologi, dan latar belakang budaya. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang direkomendasikan oleh peneliti, yaitu peserta didik dan pendidik hendaknya memaksimalkan penggunaan alternatif bahan ajar Kumpulan Cerpen Kisah Ganjil Pelaut dan Kisah-Kisah Lainnya dalam pembelajaran. Bagi sekolah supaya mendukung secara penuh kegiatan belajar mengajar di kelas terutama dalam penyediaan fasilitas dan ruang belajar yang ideal untuk internalisasi nilai konservasi lingkungan di sekolah. Bagi peneliti lain supaya menjadikan hasil penelitian ini sebagai referensi atau pembanding untuk penelitiannya di bidang pendidikan dan sastra.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Nilai konservasi lingkungan, bahan ajar, cerpen
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 25 Mar 2024 02:56
Last Modified: 25 Mar 2024 02:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62225

Actions (login required)

View Item View Item