PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI IPA MENGGUNAKAN APLIKASI QUIZWHIZZER UNTUK MENGUKUR PENGUASAAN KONSEP DAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK


Tri Puji Utami, 4001418026 (2023) PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI IPA MENGGUNAKAN APLIKASI QUIZWHIZZER UNTUK MENGUKUR PENGUASAAN KONSEP DAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of skripsi] PDF (skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan abad 21 mengintegrasikan antara pengetahuan, keterampilan, dan penguasaan terhadap teknologi. Berbagai macam kemajuan teknologi mulai diterapkan dalam dunia pendidikan agar mampu berinovasi untuk meningkatkan mutu pembelajaran seperti pemanfaatan teknologi dalam media pembelajaran. Namun penerapan teknologi dalam media pembelajaran belum optimal sehingga diperlukan adanya inovasi bentuk pengaplikasian teknologi yaitu salah satunya aplikasi Quizwhizzer. Selain pemanfaatan teknologi, abad 21 juga menitikberatkan pada kemampuan berpikir kritis guna menghadapi persaingan individu. Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu kemampuan yang harus dikuasai di abad 21 agar peserta didik mampu memecahkan permasalahan yang ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas alat evaluasi ipa menggunakan aplikasi Quizwhizzer, menganalisis penguasaan konsep peserta didik menggunakan aplikasi Quizwhizzer dan menganalisis berpikir kritis peserta didik dengan aplikasi Quizwhizzer. Metode penelitian yang digunakan yaitu RnD (Research and Development) dengan model pengembangan 4D meliputi pendefinisian (Define), perencanaan (Design), pengembangan (Develop), dan penyebaran (Disseminate). Teknik yang digunakan dalam penelitian yaitu purposive sampling. Subjek penelitian sebanyak 28 peserta didik pada kelas VII A di SMP Negeri 23 Semarang tahun ajaran 2022/2023. Instrumen penelitian meliputi validitas alat evaluasi, lembar tes, lembar angket keterbacaan dan lembar angket praktibilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas alat evaluasi memiliki valid, reliabel, tingkat kesukaran sedang hingga sukar, keterbacaan sangat baik dan kepraktisan sangat praktis. Kemampuan rata-rata penguasaan konsep peserta didik sebesar 74,25 pada kriteria tinggi. Kemampuan berpikir kritis peserta didik sebesar 69,64 pada kriteria sedang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Alat Evaluasi, Quizwhizzer, Penguasaan Konsep, Berpikir Kritis
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 25 Mar 2024 02:39
Last Modified: 25 Mar 2024 02:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62223

Actions (login required)

View Item View Item