PENGEMBANGAN DIGITAL BOOK BERBASIS ETNO-STEM PADA MATERI ZAT ADITIF TERHADAP LITERASI STEM PESERTA DIDIK


Vina Wahyuningrum, 4001418020 (2022) PENGEMBANGAN DIGITAL BOOK BERBASIS ETNO-STEM PADA MATERI ZAT ADITIF TERHADAP LITERASI STEM PESERTA DIDIK. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi STEM peserta didik melalui penerapan digital book berbasis etno-STEM pada materi zat aditif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebarluasan). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII B SMP Negeri 2 Wanasari. Pengumpulan data menggunakan metode tes dan metode non tes. Metode tes berupa soal literasi STEM berbentuk pilihan ganda dengan jumlah soal sebanyak 20 butir soal yang sebelumnya sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Metode tes bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi STEM peserta didik pada aspek pengetahuan, serta metode non tes berupa validasi ahli media dan materi, angket tanggapan peserta didik, dan angket untuk mengetahui sikap peserta didik terhadap STEM. Hasil yang diperoleh dalam penelitian kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan rumus persentase. Pada penelitian ini, hasil uji validasi ahli media dan ahli materi berturut-turut diperoleh rata-rata 97,50 dan 98,30 dalam kategori sangat valid. Hasil pengisian angket penggunaan oleh peserta didik diperoleh hasil 97,46% memenuhi kriteria sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa digital book dinyatakan valid dan berdasarkan hasil pengerjaan soal pretest dan posttest, diperoleh N-gain sebesar 0,77 dalam kategori tinggi. Aspek sikap peserta didik terhadap STEM dalam kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa digital book berbasis etno-STEM ini layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran serta mendapatkan respon yang sangat positif dari peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Digital book, Etno-STEM, Literasi STEM
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 25 Mar 2024 02:26
Last Modified: 25 Mar 2024 02:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62222

Actions (login required)

View Item View Item