KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS FABEL MENGGUNAKAN VIDEO ANIMASI POWTOON DAN CANVA DENGAN MODEL SINEKTIK PADA PESERTA DIDIK KELAS VII BERDASARKAN TIPE BERPIKIR KREATIF


DIAN MAULINA, 0202520037 (2023) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS FABEL MENGGUNAKAN VIDEO ANIMASI POWTOON DAN CANVA DENGAN MODEL SINEKTIK PADA PESERTA DIDIK KELAS VII BERDASARKAN TIPE BERPIKIR KREATIF. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran keterampilan menulis fabel adalah proses tumbuh kembang peserta didik untuk menuangkan sebuah tulisan kreatifm yaitu cerita tentang suatu tokoh binatang yang di dalamnya terdapat konflik atau permasalahan. Dalam hal ini, pendidik memilih media pembelajaran yang sesuai dengan tipe berpikir kreatif peserta didik. Penelitian ini bertujuan (1) menjelaskan keefektifan pembelajaran teks fabel dengan media video animasi powtoon pada peserta didik kelas VII berdasarkan tipe berpikir kreatif; (2) menjelaskan keefektifan pembelajaran menulis teks fabel dengan media canva pada peserta didik kelas VII berdasarkan tipe berpikir kreatif; (3) Menemukan perbedaan keefektifan pembelajaran menulis teks fabel dengan media video animasi powtoon dan canva pada peserta didik kelas VII berdasarkan tipe berpikir kreatif. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Desain dalam penelitian ini adalah desain faktorial, yaitu desain digunakan untuk menguji dua variabel atau lebih Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan paired t-test dan uji anova. Hasil penelitian ini bahwa media pembelajaran canva lebih efektif dibandingkan dari media video animasi powtoon. Dilihat dari perbedaan nilai rata-rata pada tes akhir. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran menulis teks fabel menggunakan media canva berdasarkan tipe berpikir kreatif lebih efektif daripada media video animasi powtoon yang dibuktikan dengan adanya perbedaan yang signifikan dari penggunaan kedua media pembelajaran tersebut dengan nilai rata-rata lebih tinggi dibandingkan media video animasi powtoon. Simpulan penelitian ini adalah pembelajaran menulis teks fabel menggunakan media animasi powtoon dengan model sinektik berdasarkan tipe berpikir kreatif efektif dengan adanya hasil postest lebih tinggi dibandingkan hasil pretest, pembelajaran menulis teks fabel dengan model sinektik menggunakan media canva tipe berpikir kreatif efektif dengan adanya hasil posttest lebih tinggi dibandingkan hasil pretest, pembelajaran menulis teks fabel dengan model sinektik menggunakan media canva berdasarkan tipe berpikir kreatif lebih efektif dibandingkan media video animasi powtoon dengan adanya hasil tes lebih tinggi dibandingkan menggunakan media video animasi powtoon.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: menulis cerita fabel, media video animasi powtoon, media canva, model sinektik, tipe berpikir kreatif.
Subjects: L Education > Special Education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 22 Mar 2024 04:43
Last Modified: 22 Mar 2024 04:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62215

Actions (login required)

View Item View Item