KESANTUNAN TUTURAN BAHASA INDONESIA OLEH PENUTUR ASING DALAM KONTEN INSTAGRAM DI INDONESIA


AHMAD FAJAR HABIBI, 0202520002 (2023) KESANTUNAN TUTURAN BAHASA INDONESIA OLEH PENUTUR ASING DALAM KONTEN INSTAGRAM DI INDONESIA. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Bahasa sebagai alat komunikasi dalam masyarakat memiliki parameter kesantunan yang berbeda antara satu bahasa dengan bahasa yang lainnya. Bahasa Indonesia memiliki parameter kesantunan berupa prinsip dengan dilandasi nilai norma dan budaya yang berlaku di Indonesia. Namun dengan munculnya media komunikasi digital, prinsip kesantunan tuturan bahasa Indonesia mengalami pergeseran. Pola komunikasi media sosial yang berbeda dengan pola komunikasi sosial secara langsung, diduga menjadi salah satu penyebab pergesaran prinsip kesantunan bahasa Indonesia. Prinsip kesantunan yang terkandung dalam tuturan pada media sosial, cenderung tidak dapat terbangun dengan baik dan memunculkan permasalahan kebahasaan. Namun, di sisi lain media sosial juga memberikan berbagai sajian informasi yang cepat dan sarana komunikasi yang futuristis. Banyaknya pengguna media sosial di Indonesia, memunculkan ketertarikan penutur asing untuk membuat konten dengan menggunakan bahasa Indonesia. Konten penutur asing yang menggunakan bahasa Indonesia memiliki ciri khusus yang berbeda antara satu penutur asing dan penutur asing lainnya. Terdapat konten penutur asing dengan sajian tema kuliner, keluarga, sosial, dan konten-konten lain, yang perlu dianalisis kesantunan tuturan bahasa Indonesianya. Penelitian ini bertujuan: (1) menganalisis pematuhan dan pelanggaran prinsip kesantunan tuturan bahasa Indonesia oleh penutur asing dalam konten video Instagram di Indonesia (2) menganalisis wujud strategi kesantunan tuturan bahasa Indonesia oleh penutur asing dalam konten video Instagram di Indonesia, dan (3) menganalisis implikatur dalam tuturan bahasa Indonesia oleh penutur asing dalam konten video Instagram di Indonesia. Desain yang digunakan pada penelitian ini adalah desain penelitian kualitatif dan pendekatan deskriptif. Data dalam penelitian ini berupa penggalan tuturan penutur asing bahasa Indonesia pada konten vidio instagram @audijens_yen, @masak2dengannick, @laurencerioubenson, @ulianaci, @nastasyashine, @bangjoeofficial, dan @bapak.bule yang diduga terdapat pematuhan dan pelanggaran prinsip kesantunan. Metode yang digunakan adalah metode simak dan teknik SBLC (Simak Bebas Libat Cakap). Hasil penelitian ini adalah (1) pematuhan dan pelanggaran prinsip kesopanan tuturan penutur asing pada konten video Instagram; (2) stategi kesantunan tuturan penutur asing pada konten video Instagram. Strategi tersebut meliputi strategi kesantunan langsung, 11 strategi kesantunan tidak langsung, 10 strategi kesantunan positif, dan 2 trategi kesantunan negatif; (3) implikatur tuturan penutur asing pada konten video Instagram yang terdiri atas implikatur konvensional, implikatur nonkonvensional, dan implikatur praanggapan. Berdasarkan hasil dari penelitian, (1) masyarakat Indonesia secara umum harus ikut berpartisipasi menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, (2) penutur asing yang membuat konten tuturan bahasa Indonesia, harus lebih bijaksana dalam memilih bahasa yang digunakannya, dan (3) saran untuk peneliti lain yang melakukan penelitian serupa, diperhatikan lagi bagaimana perkembangan pengaplikasian bahasa pada era teknologi yang sangat cepat, dengan terus berpartisipasi lebih luas kajian datanya, lebih bervariasi sumber informasinya, dan lebih dalam analisis hasilnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Prinsip Kesantunan, strategi kesantunan, implikatur tuturan, penutur asing.
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 22 Mar 2024 04:31
Last Modified: 05 Apr 2024 01:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62212

Actions (login required)

View Item View Item