IMPLIKATUR PERCAKAPAN ANTARA DOSEN DAN MAHASISWA DALAM PERKULIAHAN PADA MASA PANDEMI COVID-19


HANAN KARUNIA AFIFAH, 0202519013 (2023) IMPLIKATUR PERCAKAPAN ANTARA DOSEN DAN MAHASISWA DALAM PERKULIAHAN PADA MASA PANDEMI COVID-19. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi covid-19 yang menyerang Indonesia sejak bulan maret 2022 hingga saat ini melahirkan banyak penyesuaian dan kebijakan di berbagai bidang. Salah satunya pada bidang pendidikan, terdapat PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) yang dilaksanakan secara daring. Dosen dan mahasiswa merupakan dua individu yang aktif dalam melaksanakan program PJJ ini. Kebijakan perkuliahan daring ini berimbas pada komunikasi antara dosen dan mahasiswa, meski demikian pada percakapan antara dosen dan mahasiswa selama perkuliahan berlangsung terdapat pelanggaran prinsip kerja sama, prinsip kesantunan, dan implikatur percakapan. Tujuan penelitian ini adalah (1) menemukan pelanggaran bidal prinsip kerja sama dan implikatur percakapan pada percakapan antara dosen dan mahasiswa dalam perkuliahan pada masa pandemi covid-19, (2) menemukan pelanggaran bidal prinsip kesantunan dan implikatur percakapan pada percakapan antara dosen dan mahasiswa dalam perkuliahan pada masa pandemi covid-19, (3) menemukan alasan mengapa bidal kuantitas prinsip kerja sama menjadi bidal yang paling mendominasi pada percakapan antara dosen dan mahasiswa dalam perkuliahan pada masa pandemi covid-19, dan (4) menemukan alasan mengapa bidal kewajiban S pada O prinsip kesantunan menjadi bidal yang paling mendominasi percakapan antara dosen dan mahasiswa dalam perkuliahan pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan teoretis dan metodologis. Pendekatan teoritis yang dipilih yaitu pendekatan pragmatis, sedangkan metodologis yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik simak, simak bebas libat cakap, rekam, dan catat. Data penelitian diambil dari penggalan percakapan dan implikatur percakapan pada masa perkuliahan daring. Sumber data percakapan antara dosen dengan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta yang diunggah di Youtube dan percakapan di WhatsApp. Metode dan teknik analisis data yang digunakan ialah metode agih (teknik lesap dan teknik ganti), metode padan pragmatik (teknik HBS), metode normatif, dan metode heuristik. Hasil penelitian ini adalah bidal-bidal dari prinsip kerja sama dan kesantunan yang dilanggar pada percakapan antara dosen dan mahasiswa dalam perkuliahan daring serta implikatur percakapannya. Bidal prinsip kerja sama yang dilanggar meliputi bidal kuantitas, bidal kualitas, bidal relevansi, dan bidal cara. Di sisi lain implikatur yang ditimbulkan dari pelanggaran prinsip kerja sama adalah implikatur v representatif (menunjukkan dan melaporkan), implikatur direktif (meminta dan memohon), implikatur ekspresif (mengkritik, memuji, dan menolak), implikatur komisif (berjanji), dan implikatur isbati (memutuskan dan membatalkan). Bidal prinsip kesantunan yang dilanggar bidal kemurahhatian, bidal ketimbangrasaan, bidal keperkenanan, bidal kerendahatian, bidal kewajiban S ke O, bidal kewajiban O ke S, bidal kesetujuan, bidal keengganan berpendapat, bidal kesimpatian, dan bidal memilih diam. Di sisi lain implikatur yang ditimbulkan dari pelanggaran prinsip kerja sama adalah implikatur representatif (menunjukkan dan menyatakan), implikatur direktif (menyarankan, menyuruh, memohon, meminta, dan memerintah), implikatur ekspresif (mengeluh, mengkritik, dan menolak), implikatur komisif (berjanji, menuduh, dan mengancam), dan implikatur isbati (memutuskan, melarang, mengizinkan, dan memberikan maaf). Bidal kuantitas prinsip kerja sama dan bidal kewajiban S pada O adalah bidal yang paling banyak dilanggar pada percakapan antara dosen dan mahasiswa dalam perkuliahan pada masa pandemi covid-19. Simpulan dalam penelitian ini adalah pada percakapan antara dosen dan mahasiswa dalam perkuliahan pada masa pandemi covid-19 ditemukan pelanggaran prinsip kerja sama dan prinsip kesantunan sehingga mengakibatkan terciptanya implikatur percakapan. Selain itu, terdapat bidal-bidal yang mendominasi pada percakapan antara dosen dan mahasiswa dalam perkuliahan daring, yaitu bidal kuantitas prinsip kerjasama dan bidal kewajiban S pada O prinsip kesantunan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Prinsip Kerja Sama, Prinsip Kesantunan, Implikatur Percakapan, Perkuliahan, Dosen dan Mahasiswa, Pandemi Covid-19
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 22 Mar 2024 04:27
Last Modified: 05 Apr 2024 01:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62211

Actions (login required)

View Item View Item