KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BIOGRAFI BERMUATAN MULTIKULTURAL DENGAN MODEL INKUIRI SOSIAL DAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK BERDASARKAN TINGKAT BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS X


NUR ROBI' ZAINAL ABIDIN, 0202519008 (2023) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BIOGRAFI BERMUATAN MULTIKULTURAL DENGAN MODEL INKUIRI SOSIAL DAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK BERDASARKAN TINGKAT BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS X. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Menulis biografi merupakan slah satu materi dalam pelajaran bahasa Indonesia dikelas X SMA/SMK/MA. Biografi adalah teks naratif yang berisi fakta-fakta berupa riwayat hidup seseorang tokoh yang terdiri atas identitas, karakter unggul maupun peristiwa-peristiwa yang pernah dilakukan oleh tokoh. Penelitian ini menggunakan model inkuiri sosial dan model pembelajaran berbasis masalah dengan variabel moderator tingkat berpikir kreatif peserta didik. Penelitian ini bertujuan (1) mengukur keefektifan pembelajaran menulis teks biografi bermuatan multikultural dengan menggunakan model inkuiri sosial berdasarkan tingkat berpikir kreatif peserta didik Kelas X; (2) Mengukur keefektifan pembelajaran menulis teks biografi bermuatan multikultural dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek berdasarkan tingkat berpikir kreatif peserta didik Kelas X; (3) Mengukur perbedaan keefektifan pembelajaran menulis teks biografi bermuatan multikultural dengan menggunakan model inkuiri sosial dibandingkan model pembelajaran berbasis proyek berdasarkan tingkat berpikir kreatif peserta didik Kelas X. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen. Terdapat tiga variabel dalam penelitian ini, variabel terikat adalah menulis teks biografi bermuatan multikultural, variabel bebas adalah model pembelajaran inkuiri sosial dan model pembelajaran berbasis proyek, dan variabel moderatora adalah tingkat berpikir kreatif peserta didik kelas X. Polulasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MAN 2 Kota Semarang pada tahun 2021/2022. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling (sampel bertujuan), yaitu kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen inkuiri sosial dan kelas X IPS 2 sebagai kelas eksperimen berbasis proyek. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik analisis data akhir menggunakan uji paired sample t-tes dan uji Anova. Hasil penelitian ini adalah (1) berdasarkan hasil uji paired sample t-tes dikelas inkuiri sosial diketahui nilai sig pada kolom (sig. 2-tailed) menunjukan nilai 0.000 < 0.05. Jadi H0 ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat perbedaan nilai rata-rata pretes dan postes pembelajaran menulis biografi bermuatan vi multikultural pada kelas Inkuiri sosial; (2) berdasarkan hasil uji paired sample t�tes dikelas berbasis proyek diketahui nilai sig pada kolom (sig. 2-tailed) menunjukan nilai 0.000 < 0.05. Jadi H0 ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat perbedaan nilai rata-rata pretes dan postes pembelajaran menulis biografi bermuatan multikultural pada kelas berbasis proyek; (3) berdasarkan tabel deskriptif dapat disimpulkan model inkuiri sosial tingkat berpikir kreatif tinggi lebih efektif dibandingkan dengan model inkuiri sosial tingkat berpikir kreatif sedang atau model berbasis proyek tingkat berpikir kreatif tinggi. Berdasarkan analisis data tersebut, disarankan kepada guru bahasa Indonesia perlu menggunakan model inkuiri sosial dan model pembelajaran berbasis proyek dalam pembelajaran menulis biografi bermuatan multikultural. Hal ini dimaksud untuk mencapai tujuan pembelajaran sesuai dengan harapan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Menulis biografi, bermuatan multikultural, model inkuiri sosial, model berbasis proyek, tingkat berpikir kreatif.
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 22 Mar 2024 04:18
Last Modified: 22 Mar 2024 04:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62209

Actions (login required)

View Item View Item