TINDAK TUTUR DIREKTIF INFLUENCER DALAM ENDORSE DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM


ANISA AMALIA, 0202518020 (2023) TINDAK TUTUR DIREKTIF INFLUENCER DALAM ENDORSE DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Influencer dalam mempromosikan atau mendukung sebuah produk (endorse) di Instagram tentunya melakukan berbagai tuturan agar dapat menarik pengguna Instagram lain untuk membeli produk yang dipromosikan. Dalam mempromosikan atau mendukung produknya, tuturan influencer dapat berupa kata-kata dalam foto maupun video yang diunggah di profil grid maupun di Instagram stories. Jika produk tersebut menarik perhatian pengguna lain, maka pengguna lain akan mengomentari status influencer bahkan ingin membeli produk tersebut. Disinilah terjadi percakapan virtual antara influencer dan pengguna lain. Percakapan virtual yang terjadi tersebut tentunya menggunakan banyak penggunaan bahasa khususnya kajian tindak tutur. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan dan mendeskripsikan jenis tindak tutur direktif influencer yang terdapat dalam endorse di media sosial Instagram, menemukan dan mendeskripsikan fungsi pragmatis tindak tutur direktif yang terdapat dalam endorse di media sosial Instagram, dan mendeskripsikan bentuk efek tindak tutur direktif influencer dalam endorse di media sosial Instagram. Penelitian ini menggunakan dua pendekatan, yaitu pendekatan secara teoretis dan pendekatan secara metodologis. Pendekatan metodologis dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif, karena data penelitian bukan berupa angka-angka, tetapi berupa kata atau tuturan yang dilakukan oleh para influencer yang terdapat dalam endorse di media sosial Instagram. Jadi penelitian yang akan di capai adalah untuk mendiskripsikan jenis, fungsi dan efek tindak tutur direktif influencer dalam endorse di media sosial Instagram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tindak tutur direktif influencer dalam endorse di media sosial Instagram terdapat berbagai jenis tindak tutur direktif seperti: (1) jenis tindak tutur direktif permintaan (requstives) dengan fungsi meminta, mengajak; (2) pertanyaan (questions) dengan fungsi bertanya; (3) perintah (requirements) dengan fungsi mengarahkan, mensyaratkan; (4) larangan (prohibitive) dengan fungsi melarang; (5) pemberian izin (permissives) dengan fungsi menganugerahi; (6) nasihat (advisories) dengan fungsi menasehati, menyarankan; (7) langsung dengan fungsi perintah; (8) tidak langsung dengan fungsi bertanya; (9) harfiah; (10) tidak harfiah. Dan ditemukan efek yang terjadi dalam penelitian ini yaitu: (1) efek positif: membuat tertarik, membuat lega, membuat dorongan, dan membuat rasa syukur; (2) efek negatif: menakut-nakuti, keirian, ketidakpercayaan. Simpulannya analisis konteks tindak tutur direktif influencer dalam endorse di media sosial Instagram berkaitan dengan tindak tutur direktif yang terjadi pada tuturan influencer dalam endorse di postingan Instagramnya. Setelah dilakukan analisis, ditemukan berbagai jenis, fungsi dan efek tindak tutur direktif influencer dalam endorse di media sosial Instagram. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa tuturan dalam postingan influencer ketika meng-endorse sebuah produk/kebijakan di media vii sosial Instagram menggunakan seluruh jenis tindak tutur direktif yaitu: (1) jenis tindak tutur direktif permintaan (requstives); (2) pertanyaan (questions); (3) perintah (requirements); (4) larangan (prohibitive); (5) pemberian izin (permissives); (6) nasihat (advisories); (7) langsung; (8) tidak langsung; (9) harfiah; (10) tidak harfiah dengan fungsi yang berbeda-beda. Sedangkan efek yang terjadi pada tindak tutur direktif influencer dalam endorse di media sosial Instagram mengandung efek positif dan negatif bagi influencer dan followers-nya

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Tindak Tutur Direktif, Influencer, Endorse, Media Sosial Instagram.
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 22 Mar 2024 03:55
Last Modified: 22 Mar 2024 03:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62204

Actions (login required)

View Item View Item