TINDAK TUTUR DIREKTIF MENTOR PEMBELAJARAN ONLINE APLIKASI RUANGGURU
ERVIN OKTAVIANI HERDIANTI PUTRI, 0202518018 (2023) TINDAK TUTUR DIREKTIF MENTOR PEMBELAJARAN ONLINE APLIKASI RUANGGURU. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Manusia dalam kehidupannya perlu melakukan komunikasi dan interaksi dengan masyarakat. Manusia tidak akan pernah terlepas dengan yang namanya penggunaan bahasa. Bahasa sebagai alat komunikasi yang digunakan untuk alat penyampai pesan dari penutur kepada mitra tutur sehingga terdapat maksud ujaran yang disampaikannya yaitu tuturan. Tuturan dapat terjadi tuturan aplikasi ruangguru Penelitian ini bertujuan (1) menemukan jenis tindak tutur direktif Mentor Pembelajaran Online Aplikasi Ruangguru, (2) menemukan fungsi tindak tutur direktif Mentor Pembelajaran Online Aplikasi Ruangguru, (3) menemukan efek tindak tutur direktif Mentor Pembelajaran Online Aplikasi Ruangguru. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ada dua, yaitu pendekatan teoretis dan pendekatan metodologis. Pendekatan teoretis yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan pragmatis. Pendekatan secara metodologis yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan teknik simak dengan teknik sadap. Teknik lanjutan yang menyertai adalah teknik simak libat cakap, teknik rekam, dan teknik catat. Teknik simak digunakan dalam pemerolehan data berupa percakapan tuturan mentorn aplikasi Ruangguru. Jenis tuturan direktif yang ditemukan meliputi tuturan direktif langsung, tuturan direktif tidak langsung, tuturan direktif harfiah, dan tuturan direktif tidak harfiah. Tuturan direktif langsung meliputi tuturan direktif langsung deklaratif, tuturan direktif langsung bermodus interogatif, dan tuturan direktif langsung bermodus imperatif, tuturan direktif tidak langsung meliputi tuturan direktif tidak langsung bermodus deklaratif, tuturan direktif tidak langsung bermodus interogatif, dan tuturan direktif tidak langsung bermodus imperatif, tuturan direktif harfiah meliputi tuturan direktif langsung harfiah, dan tuturan direktif tidak langsung harfiah, tuturan direktif tidak harfiah meliputi tuturan direktif langsung tidak harfiah, dan tuturan direktif tidak langsung tidak harfiah. Fungsi tuturan meliputi fungsi meminta, pertanyaan, perintah, mengajak, memaksa, menantang, menanyakan, mendesak, menyuruh, memberi aba-aba dan menyarankan. Ditemukan dalam tuturan direktif tuturan Mentor Aplikasi vi Ruangguru. Sementara itu, efek tuturan dianalisis dan dideskripsikan sesuai dengan teori yang meliputi menimbulkan rasa semangat, menimbulkan rasapercaya diri, menimbulkan rasa khawatir, menimbulkan rasa mendorong untuk mengajak, menimbulkan rasa mendorong untuk memperbaiki, menimbulkan rasa syukur, dan menimbulkan rasa takut. Jenis tuturan direktif yang paling banyak ditemukan adalah tuturan direktif langsung bermodus interogatif. Dominasi fungsi yang banyak ditemukan adalah tuturan direktif fungsi mengajak. Dominasi efek tuturan direktif adalah faktor menimbulkan rasa mendorong untuk memperbaiki. Saran yang dapat dikemukakan adalah penelitian lain dapat mengembangkan penelitian serupa dengan memperluas objek kajian antara lain jenis, fungsi, dan efek tuturan direktif. Bagi para pendidik, penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai bahan referensi tambahan terutama dalam materi bahasa khususnya yang berkaitan dengan materi bidang pragmatik yang bermuatan tuturan direktif. Bagi masyarakat umum, penelitian ini dapat berguna sebagai sumber bacaan tambahan untuk memahami bahasa sesuai kajian pragmatik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | tuturan direktif, jenis tuturan direktif ,fungsi tuturan direktif, efek tuturan |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Development of Learning Media L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia, S2 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 03:46 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 03:46 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62202 |
Actions (login required)
View Item |