KESANTUNAN BERTUTUR PADA INTERAKSI PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA N 1 MEJOBO KUDUS DAN MAN 1 KUDUS


NISA FITRIANI, 0202518016 (2023) KESANTUNAN BERTUTUR PADA INTERAKSI PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA N 1 MEJOBO KUDUS DAN MAN 1 KUDUS. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Manusia merupakan makhluk sosial yang perlu bersosialisasi dengan lingkungan. Proses bersosialisasi ini salah satunya dengan berkomunikasi satu sama lain. Saat berkomunikasi penutur melakukan kegiatan bertutur sebagai suatu proses pertukaran informasi kepada lawan bicaranya. Kegiatan bertutur itu sendiri sebagai suatu kegiatan (ucapan) untuk mengkomunikasikan maksud seseorang kepada penyimak melalui bahasa lisan. Maksud tersebut dapat tersampaikan dengan baik apabila pendengar memahami makna yang ingin disampaikan penutur. Ciri keterpelajaran seseorang dapat dilihat dalam kesantunan berbahasa. Seorang pelajar sepatutnya bisa bertutur dengan tuturan yang baik pada teman maupun gurunya. Mereka dapat bersosialisasi dengan melakukan tindak verbal sesuai dengan konteks interaksinya. Dalam melakukan tindak verbal pada konteks interaksi inilah peran bahasa sangat dibutuhkan.hal ini terjadi karena bahasa merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Penelitian ini bertujuan (1) menganalisis kesantunan bertutur peserta didik di SMA N 1 Mejobo Kudus, (2) menganalisis kesantunan bertutur peserta didik di MAN 1 Kudus, (3) menganalisis perbandingan kesantunan bertutur peserta didik di SMA N 1 Mejobo Kudus dan MAN 1 Kudus. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ada dua, yaitu pendekatan teoretis dan pendekatan metodologis. Pendekatan teoretis yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan pragmatis. Pendekatan secara metodologis yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan teknik simak dengan teknik sadap. Teknik lanjutan yang menyertai adalah teknik simak libat cakap, teknik rekam, dan teknik catat. Teknik simak digunakan dalam pemerolehan data berupa percakapan tuturan peserta didik dalam interaksi pembelajaran dengan menggunakan teknik dasar sadap. Hasil penelitian ini yaitu pada tuturan peserta didik di SMA N 1 Mejobo Kudus ditemukan 21 data lebih dominan dalam pematuhan prinsip kesantunan berbahasa sehingga tidak ditemukan pelanggaran prinsip kesantunan berbahasa dan MAN 1 Kudus ditemukan 22 data meliputi pelanggaran prinsip kesantunan berbahasa terhadap bidal ketimbangrasaan berjumlah 3, bidal keperkenaan berjumlah 3, bidal kemurahhatian berjumlah 3, bidal kesimpatian berjumlah 3, dan bidal kesetujuan berjumlah 3, sementara itu pada tuturan peserta didik yang mematuhi prinsip kesantunan berbahasa ditemukan pematuhan terhadap bidal kesimpatian berjumlah 3, bidal kewajiban S Ke O berjumlah 2, bidal sikap diam atas pendapat berjumlah 1, dan bidal merasa diam berjumlah 1. Perbandingan vii tuturan siswa selama pembelajaran di SMA N 1 Mejobo Kudus cenderung lebih santun dibandingkan tuturan siswa di MAN 1 Kudus. Simpulan penelitian ini yaitu pada interaksi pembelajaran masih ditemukan pelanggaran kesantunan pada tuturan pendidik dan peserta didik. Saran yang dapat dikemukakan adalah penelitian lain dapat mengembangkan penelitian serupa dengan memperluas objek kajian hingga ke jenjang Universitas. Bagi para pendidik, penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai bahan referensi tambahan terutama dalam materi bahasa khususnya yang berkaitan dengan materi bidang pragmatik yang bermuatan tuturan kesantunan berbahasa. Bagi masyarakat umum, penelitian ini dapat berguna sebagai sumber bacaan tambahan untuk memahami bahasa sesuai kajian pragmatik

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: kesantunan bertutur, interaksi pembeajaran, tuturan peserta didik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 22 Mar 2024 03:39
Last Modified: 22 Mar 2024 03:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62200

Actions (login required)

View Item View Item