PENGEMBANGAN MODEL PELATIHAN KEPEWARAAN MAHASISWA BERORIENTASI KECAKAPAN HIDUP (PKMBKH) DENGAN IMPLEMENTASI ICARE


IRFAN EFENDI, 0201620024 (2023) PENGEMBANGAN MODEL PELATIHAN KEPEWARAAN MAHASISWA BERORIENTASI KECAKAPAN HIDUP (PKMBKH) DENGAN IMPLEMENTASI ICARE. Doctoral thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of DISERTASI] PDF (DISERTASI)
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh potensi mahasiswa dalam keterampilan berbicara, khususnya kepewaraan yang belum baik. Para mahasiswa membutuhkan pelatihan yang terprogram agar keterampilan kepewaraannya lebih baik dan profesional sehingga menjadi sebuah kecakapan hidup. Penelitian ini bertujuan mengembangkan model pelatihan kepewaraan mahasiswa berorientasi kecakapan hidup (PKMBKH) dengan implementasi ICARE. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode penelitian yang digunakan research and development (R&D) dengan tahapan pendahuluan, pengembangan, dan pengujian. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, pedoman waancara, instrument validasi ahli, lembar observasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Mahasiswa dan dosen kepewaraan membutuhkan sebuah model pelatihan kepewaraan yang terprogram, agar lulusannya menjadi pewara profesional. Karakteristik model pelatihan kepewaraan mahasiswa berorientasi kecakapan hidup dengan implementasi ICARE terdiri atas enam langkah, yaitu: (1) analisis kebutuhan; (2) desain program pelatihan; (3) penyusunan program pelatihan; (4) pengembangan materi pelatihan; (5) pelaksanaan dan implementasi pelatihan; dan (6) evaluasi pelatihan. Model pelatihan kepewaraan mahasiswa berorientasi kecakapan hidup (PKMBKH) dengan implementasi ICARE (introduction, connection, application, reflection, dan extension) dilaksanakan sesuai dengan model akhir yang disusun berdasarkan pengembangan model ICARE dengan menambahkan unsur kecakapan hidup pada desain program, rancangan produk, rencanan penilaian, refleksi jurnal, praktik pelatihan kepewaraan, dan rancangan tindak lanjut berupa etika, estetika, kecakapan personal, kecakapan sosial, kecakapan akademik, dan kecakapan vokasional. Uji keefektifan model pelatihan kepewaraan mahasiswa berorientasi kecakapan hidup (PKMBKH) dengan implementasi ICARE dilakukan dengan menggunakan SPSS versi 23. Hasil rata-rata nilai pretes sebesar 52,3 dengan standar deviasi 4,9 sedangkan rata-rata nilai postes sebesar 68,7 dengan standar deviasi 5,2. Pada uji Kolmogorov-Smirnov, untuk sebaran data pretes diperoleh hasil nilai Sig. = 0,171 >alfa = 0,05. Berdasarkan kriteria uji, Ho diterima, sehingga sebaran data hasil pretes berdistribusi normal. Akan tetapi, untuk sebaran data hasil postes diperoleh hasil nilai Sig. = 0,007 < alfa = 0,05. Berdasarkan kriteria uji, Ho tolak, jadi sebaran data hasil postes tidak berdistribusi normal. Oleh karena itu, uji normalitas data dilakukan melalui interpretasi histogram dan plot. Berdasarkan hal itu maka satu berdistribusi normal dan satu berdistribusi tidak normal. Hasil pelatihan diperoleh bahwa nilai Sig. = 000 > alfa = 0,05. Melihat kriteria uji tersebut, maka Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: pelatihan, model PKMBKH, implementasi ICARE
Subjects: L Education > Educational Institutions
L Education > Educational Institutions > school management
L Education > HE Health Education,
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia, S3
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 22 Mar 2024 03:18
Last Modified: 22 Mar 2024 03:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62195

Actions (login required)

View Item View Item