PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KETERAMPILAN MENULIS AKADEMIK BERORIENTASI BERPIKIR TINGKAT TINGGI BERBANTUAN MOBILE LEARNING
CAHYO HASANUDIN, 0201620001 (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KETERAMPILAN MENULIS AKADEMIK BERORIENTASI BERPIKIR TINGKAT TINGGI BERBANTUAN MOBILE LEARNING. Doctoral thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF (DISERTASI)
Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Berdaskan hasil survei menunjukkan bahwa beberapa jenis karangan dijadikan sebagai komponen bahan ajar keterampilan menulis. Namun, bahan ajar yang digunakan tersebut belum mengarahkan mahasiswa untuk berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan kreatif dalam menghasilkan tulisan dan bahan ajar masih dalam bentuk cetak. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan hasil analisis kebutuhan bahan ajar keterampilan menulis akademik berorientasi berpikir tingkat tinggi berbantuan mobile learning, 2) membuktikan karakteristik bahan ajar keterampilan menulis akademik berorientasi berpikir tingkat tinggi berbantuan mobile learning, 3) mengembangkan desain bahan ajar keterampilan menulis akademik berorientasi berpikir tingkat tinggi berbantuan mobile learning, dan 4) menguji keefektifan bahan ajar keterampilan menulis akademik berorientasi berpikir tingkat tinggi berbantuan mobile learning. Desain penelitian ini adalah R&D level 4. Uji validitas data menggunakan formula Aiken kemudian untuk menghitung reliabilitas instrument menggunakan Cronbach’s Alpha. Analisis data pada uji lapangan operasional menggunakan desain postest only control group design, pengujian dilakukan pada hasil postes pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kebutuhan dosen terhadap bahan ajar keterampilan menulis akademik berorientasi berpikir tingkat tinggi berbantuan mobile learning dapat dideskripsikan ke dalam tujuh aspek sedangkan untuk mahasiswa ada enam aspek, 2) bahan ajar keterampilan menulis akademik berorientasi berpikir tingkat tinggi berbantuan mobile learning memiliki delapan karakteristik, 3) desain bahan ajar keterampilan menulis akademik berorientasi berpikir tingkat tinggi berbantuan mobile learning dikembangan dengan delapan langkah penelitain, dan 4) uji keefektifan bahan ajar keterampilan menulis akademik berorientasi berpikir tingkat tinggi berbantuan mobile learning berdasarkan uji t satu satu ekor menunjukkan bahwa (tobs = 21,0891 > 1,6594 = ttabel). Simpulan penelitian ini adalah 1) kebutuhan bahan ajar bagi dosen dideskripskan menjadi tujuh aspek sedangkan mahasiswa enam aspek, 2) terdapat delapan karakteristik bahan ajar, 3) desain bahan ajar dikembangkan dengan delapan langkah, dan 4) bahan ajar menghasilkan kemampuan menulis karya ilmiah lebih baik.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bahan ajar, keterampilan menulis akademik, berpikir tingkat tinggi, mobile learning |
Subjects: | L Education > Educational Institutions L Education > Educational Institutions > learning facilities P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia, S3 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 03:13 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 03:13 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62194 |
Actions (login required)
View Item |