PANDANGAN DUNIA DALAM TIGA NOVEL INDONESIA Kajian Strukturalisme Genetik dalam Novel Sekali Peristiwa di Banten Selatan Karya Pramoedya Ananta Toer, Lingkar Tanah Lingkar Air Karya Ahmad Tohari, dan Napoleon dari Tanah Rencong Karya Akmal Nasery Basral


DWI DESI FAJARSARI, 0201616002 (2023) PANDANGAN DUNIA DALAM TIGA NOVEL INDONESIA Kajian Strukturalisme Genetik dalam Novel Sekali Peristiwa di Banten Selatan Karya Pramoedya Ananta Toer, Lingkar Tanah Lingkar Air Karya Ahmad Tohari, dan Napoleon dari Tanah Rencong Karya Akmal Nasery Basral. Doctoral thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of DISERTASI] PDF (DISERTASI)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Karya sastra diyakini berdaya sebagai solusi memecahkan konflik sosial. Hal ini perlu dibuktikan dengan penelitian. Didapati tiga novel yang berlatar konflik sosial, yakni pemberontakan Darul Islam terefleksi dalam Sekali peristiwa di Banten Selatan karya Pramoedya Ananta Toer, Lingkar Tanah Lingkar Air karya Ahmad Tohari, dan Napolen dari Tanah Rencong karya Akmal Nasery Basral. Ketiga novel perlu diteliti potensinya dalam pemecahan konflik. Pemecahan konflik sosial dengan memberdayakan karya sastra dapat ditempuh dengan mencari pandangan dunia yang dikandung. Hal itu merupakan tujuan dari penelitian sastra dengan pemanfaatan teori strukturalisme genetik. Secara lengkap tujuan penelitian disusun menjadi empat, yaitu menjelaskan struktur narasi, menemukan pandangan dunia, menemukan latar belakang struktur sosial masyarakatnya, dan relasi di antara ketiga poin. Pendekatan penelitian ini adalah sosiologi sastra khususnya strukturalisme genetik. Fokus penelitian ini menjawab bagaimana struktur narasi, pandangan dunia, struktur masyarakat yang melatarbelakangi penciptaan ketiga novel, dan relasi di antara kesemuanya. Sumber data yang dipakai adalah novel SPDBS, LTLA, dan NDTR. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pembacaan heuristik dan hermeneutik, kemudian uji keabsahannya melalui triangulasi data. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik dialektik. Hasil penelitian menunjukkan novel SPDBS memiliki struktur narasi yang terbangun atas plot yang bertemakan nasionalisme kesatuan, LTLA mengangkat cerita konflik batin anggota laskar pemberontak, dan NDTR tentang patriotisme. Pandangan dunia yang ditemukan novel SPDBS adalah nasionalisme untuk melawan kelompok pemberontak dan mewujudkan kehidupan yang damai, sedangkan LTLA memiliki pandangan agar konflik batin tokoh pemberontakan diperhatikan, dan NDTR memiliki pandangan dunia patriotik melalui karakter kepahlawanan Hasan saleh. Struktur sosial yang berpengaruh adalah kelas ekonomi dan tingkat pendidikan. Simpulan penelitian ini adalah pola pandangan dunia nasionalisme, konflik batin, dan patriotisme lahir dari berbagai subjek kolektif berdasarkan kelas ekonomi dan tingkat pendidikannya. Pandangan dunia tersebut adalah potensi pemecahan konflik sosial.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: sosiologi sastra, strukturalisme genetik, pandangan dunia
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PN Literature (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia, S3
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 22 Mar 2024 02:40
Last Modified: 22 Mar 2024 02:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62186

Actions (login required)

View Item View Item