KAPASITAS PENDIDIK DALAM PROGRAM LAYANAN PAUD HI DITINJAU DARI PENGALAMAN MENGAJAR DAN PENGEMBANGAN DIRI DI KOTA KENDARI


WA ODE SYAMZAHRAH ASTARIN, 0108520038 (2023) KAPASITAS PENDIDIK DALAM PROGRAM LAYANAN PAUD HI DITINJAU DARI PENGALAMAN MENGAJAR DAN PENGEMBANGAN DIRI DI KOTA KENDARI. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pemetaan yang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, dan Riset tahun 2021 pada 34 provinsi di Indonesia menemukan bahwa rata-rata kapasitas pendidik dalam pelaksanaan pengembangan anak usia dini holistik integratif (PAUD HI) relatif masih rendah yakni 58.5 dan masih terdapat 29.6% pendidik yang belum pernah mengikuti pengembangan diri melalui diklat serta pengalaman mengajar pendidik yang masih memerlukan peningkatan. Pemetaan ini belum dilakukan pada setiap provinsi sehingga belum diketahui bagaimana kapasitas pendidik pada setiap daerah Kabupaten/Kota. Maka, peneliti bertujuan mengembangkan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara pengalaman mengajar, pengembangan diri terhadap kapasitas pendidik dalam program layanan holistik integratif yang berada di Kota Kendari. Penelitian ini menggunakan desain penelitian korelasional dengan pendekatakan kuantitatif. Populasi yang digunakan sebanyak 220 pendidik yang berada di kecamatan Kambu dan Kadia kota Kendari. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 140 pendidik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan di analisis menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) secara simultan terdapat hubungan yang positif dan singnifikan antara pengalaman mengajar dan pengembangan diri terhadap kapasitas pendidik dalam program layanan PAUD HI, (2) secara parsial pengalaman mengajar memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap kapasitas pendidik dalam program layanan PAUD HI, (3) secara parsial pengembangan diri memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap kapasitas pendidik dalam program layanan PAUD HI.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: pengembangan anak usia dini holistik integtarif (PAUD HI), pengalaman mengajar, pengembangan diri, pendidik
Subjects: L Education > teacher competence
L Education > Special Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Anak Usia Dini, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 22 Mar 2024 02:23
Last Modified: 22 Mar 2024 02:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62182

Actions (login required)

View Item View Item