PERSEPSI TENTANG KEBERMANFAATAN DAN PERAN PROFESIONAL GURU LAKI-LAKI DI SATUAN PAUD


AFI ZUMROTUL FIKRIA, 0108520036 (2023) PERSEPSI TENTANG KEBERMANFAATAN DAN PERAN PROFESIONAL GURU LAKI-LAKI DI SATUAN PAUD. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Jumlah guru laki-laki sedikit dilevel PAUD baik dalam skala regional, nasional maupun global. Serta tidak terdokumentasikannya kebermanfaatan dan peran guru laki-laki secara nyata baik dalam riset oleh lembaga pemerintah maupun akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kebermanfaatan dan peran profesional guru laki-laki di satuan PAUD mengenai suatu aktivitas atau dalam suatu fenomena dari perspektif individu dari sudut pandang orang pertama yang mengalami secara langsung dan mendalam. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru laki-laki, kepala sekolah dan guru perempuan TK Negeri Pembina Ngawi dan TK Muslimat NU I Nawa Kartika Ngawi. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan observasi mendalam. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kondensasi data, tampilan data dan penarikan kesimpulan. Triangulasi yang digunakan untuk menguji keabsahan data adalah teknik triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian persepsi guru laki-laki tentang kebermanfaatan dan peran guru laki�laki menunjukan bahwa guru laki-laki sebagai: Teladan. Guru laki-laki sebagai model peran laki-laki. Peran pengasuhan. Keberadaan guru laki-laki membuat tercukupinya kasih sayang bapak dan ibu di sekolah. Peran guru atau pengajar. Guru laki-laki melakukan perencanaan pengajaran dalam pembelajaran. Dan peran sebagai: fasilitator, inspirator, komunikator dan pengelola kelas. Hasil penelitian persepsi kepala sekolah tentang kebermanfaatan dan peran guru laki-laki menunjukan bahwa guru laki-laki sebagai Teladan. Guru laki-laki dapat melakukan pekerjaan laki-laki. Peran pengasuhan. Guru laki-laki mengawasi, memeriksa dan melindungi anak. Peran guru atau pengajar. Guru laki-laki sebagai seorang pendidik profesional. Dan peran sebagai: fasilitator, inspirator dan pengelola kelas. Hasil penelitian persepsi guru perempuan tentang kebermanfaatan dan peran guru laki�laki menunjukan bahwa guru laki-laki sebagai: Teladan. Guru laki-laki tangguh dan dapat diandalkan. Peran guru atau pengajar. Guru laki-laki menjadi figur guru yang disenangi anak-anak. Dan peran sebagai: fasilitator, inspirator dan pengelola kelas.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: kebermanfaatan, peran profesional, guru laki-laki.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > Special Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Anak Usia Dini, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 22 Mar 2024 02:19
Last Modified: 22 Mar 2024 02:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62181

Actions (login required)

View Item View Item