Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Sosiologi Siswa SMA (Studi Kasus Di SMA Negeri 1 Wanadadi, Kab.Banjarnegara)


Dhanang Wisnu Wardoyo , 3501406555 (2011) Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Sosiologi Siswa SMA (Studi Kasus Di SMA Negeri 1 Wanadadi, Kab.Banjarnegara). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Sosiologi Siswa SMA (Studi Kasus Di SMA Negeri 1 Wanadadi, Kab. Banjarnegara)]
Preview
PDF (Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Sosiologi Siswa SMA (Studi Kasus Di SMA Negeri 1 Wanadadi, Kab. Banjarnegara)) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Banyak persepsi dalam diri siswa SMA bahwa ilmu-ilmu sosial itu membosankan karena sajiannya bertele-tele dan untuk menguasainya dibutuhkan kemampuan menghafal yang luar biasa. Pelajaran IPS (sosiologi) sebenarnya merupakan pelajaran yang menyenangkan, karena masyarakat merupakan lab dari mata pelajaran sosiologi, untuk mengurangi rasa bosan dalam belajar sosioogi guru dituntut untuk menggunakan model PAIKEM (pembelajaran aktif, inovatif, kretif, efisien dan menyenangkan). Model pembelajaran seperti itu dapat menggunakan media, salah satunya dengan menggunakan media internet. Penggunaan media internet sebagai media pembelajaran sosiologi dilakukan SMA Negeri 1 Wanadadi yang sedang merintis RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional). Berdasarkan kondisi tersebut muncul permasalahan sebagai berikut: 1) Bagaimana penggunaan media internet dilakukan dalam pembelajaran sosiologi? 2) Manfaat apa saja yang diperoleh dengan penggunaan media internet dalam pembelajaran sosiologi? 3) Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat siswa SMA Negeri 1 Wanadadi untuk memanfaatkan media internet sebagai sumber belajar sosiologi? Penelitian ini bertujuan: 1) Mengetahui penggunaan media internet dalam pembelajaran sosiologi di SMA Negeri 1 Wanadadi. 2) Mengetahui manfaat yang di peroleh siswa dengan menggunakan media internet dalam pembelajaran sosiologi 3) Mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat siswa untuk memanfaatkan media internet dalam pembelajaran sosiologi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan utama adalah siswa dan guru sosiologi SMA Negeri 1 Wanadadi, informan pendukung adalah Kepala Sekolah dan guru TIK. Tekhnik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Siswa menggunakan media internet sebagai salah satu media pembelajaran sosiologi ketika mereka mendapatkan tugas sosiologi. Guru sosiologi menggunakan media internet sebagai salah satu media pembelajaran siswa agar siswa lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran sosiologi. 2) Manfaat yang diperoleh siswa dalam memanfaatkan internet sebagai sumber belajar adalah mempermudah siswa dalam mencari sumber kajian sosiologi yang ada dalam suatu masyarakat yang paling aktual, sedangkan manfaat media internet bagi guru sosiologi adalah dapat digunkan untuk mencari bahan ajar. 3) Faktor yang mendukung siswa menggunakan media internet dalam pembelajaran sosiologi adalah siswa yang tak asing lagi dengan media internet, siswa sudah dekat dengan media internet tersebut. Faktor yang menghambat siswa dalam menggunakan media internet adalah siswa lebih banyak menggunakan media internet untuk kepentingan non pendidikan seperti facebook, twitter dll. Simpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media internet dalam pembelajaran sosiologi di SMA Negeri 1 Wanadadi belum optimal, hal tersebut disebabkan oleh masih minimnya pengetahuan guru dalam penguasaan media internet, serta masih seringnya penggunaan media internet oleh siswa untuk kepentingan di luar pendidikan. Saran bagi pihak sekolah SMA Negeri 1 Wanadadi adalah memberikan bekal pelatihan menggunakan media internet bagi guru di SMA Negeri 1 Wanadadi yang dipimpin oleh guru TIK, dengan adanya pelatihan tersebut diharapkan dapat meningkatkan penggunaan media internet agar dapat lebih bermanfaat, serta menambah jumlah unit komputer yang ada di lab komputer, karena komputer yang ada sekarang sangat tidak sebanding dengan jumlah siswa yang ada di SMA Negeri 1 Wanadadi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Internet, Siswa, Sumber Belajar, Sosiologi
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 25 Oct 2011 08:26
Last Modified: 25 Apr 2015 06:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6218

Actions (login required)

View Item View Item