KOMPETENSI PEDAGOGIK PENDIDIK PAUD DITINJAU DARI KUALIFIKASI AKADEMIK DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI KECAMATAN PAGA KABUPATEN SIKKA


MARIA ANYELITA EWO, 0108520021 (2023) KOMPETENSI PEDAGOGIK PENDIDIK PAUD DITINJAU DARI KUALIFIKASI AKADEMIK DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI KECAMATAN PAGA KABUPATEN SIKKA. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 dalam Bab IV bagian kesatu pasal 8 yaitu” Guru wajib memiliki kualifikasi; kompetensi; dan sertifikasi pendidik; sehat jasmani dan rohani serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan pendidikan nasional”. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 16 Tahun 2007 tentang standar kualifikasi akademik yang dimaksud adalah tingkat pendidikan minimal diploma empat (D-IV) atau sarjana (S1) dalam bidang pendidikan Anak Usia Dini atau psikolog. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis gambaran kompetensi pedagogik pendidik PAUD ditinjau dari kualifikasi akademik dalam pelaksanaan pembelajaran, dan mendeskripsikan dan menganalisis upaya pendidik PAUD berdasarkan kualifikasi akademik dalam pelaksanaan pembelajaran di kecamatan Paga Kabupaten Sikka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi, teknik analisis data reduksi data, penyajian data, penarik kesimpulan, subjek dalam penelitian ini pendidik dengan kualifikasi SMA dan kepala sekolah sebagai data pendukung. Hasil penelitian dalam penelitian ini adalah belum mampunya pendidik dalam mengelola pembelajaran yang meliputi pemahaman terhadap peserta didik; belum mampunya pendidik merencanakan rencana pelaksanaan pembelajaran, yang pro perubahan (aktif; kreatif; inovatif; efektif; eksperimentatif; dan menyenangkan); belum mampunya pendidik dalam memanfaatkan teknologi; informasi; dan komunikasi; dan belum mampunya pendidik dalam mengembangkan profesionalsime diri sebagai pendidik. Pendidik yang belum memenuhi standar kualifikasi S1 PAUD diharapkan untuk melanjutkan pendidikan untuk mendapatkan gelar SI PAUD; memberikan pelatihan-pelatihan; seminar dan workshop bagi tenaga pendidik yang berkualifikasi SMA; membaca buku tentang peningkatan kompetensi pedagogik menyediakan sarana prasarana yang memadai yang dapat meningkatkan kompetensi pedagogik dalam pelaksanaan pembelajaran. Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa kompetensi pedagogik pendidik paud di TK Nusa Koka Wolowiro dan TK Poli Pawe Alvarez Paga dengan kualifikasi SMA bisa dikatakan cukup baik dibuktikan dengan hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik Pendidik, Kualifikasi Akademik, Pelaksanan Pembelajaran.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Anak Usia Dini, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 22 Mar 2024 02:11
Last Modified: 22 Mar 2024 02:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62179

Actions (login required)

View Item View Item