STRATEGI ADAPTASI PENYEDERHANAAN KURIKULUM TK PENGGERAK DI PESISIR LAMONGAN


IMRO'ATUS SYAFIQOH, 0108520015 (2023) STRATEGI ADAPTASI PENYEDERHANAAN KURIKULUM TK PENGGERAK DI PESISIR LAMONGAN. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui strategi penyederhanaan kurikulum TK penggerak di pesisir lamongan. Penelitian ini dapat memberikan gambaran bagaimana guru TK penggerak pesisir lamongan menyederhanakan kurikulum yang telah digunakan. Harapan dari penelitian ini adalah guru di dalam kurikulum dapat lebih banyak mengenalkan lebih dalam mengenai karakteristik anak, karena dalam kurikulum ini pembelajarannya sesuai minat dan bakat anak serta menggali potensi diri yang sesuai dengan kearifan lokal. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik Pengumpulan data peneliti melakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, display data, verifikasi dan penegasan kesimpulan. Hasil penelitian dalam penyederhanaan kurikulum adalah 1. Penggunaan media pembelajaran modern disederhanakan dalam media loose part, 2. Perencanaan pembelajaran berfokus pada kurikulum merdeka, 3. Kurikulum tambahan (organisasi) dimasukkan dalam kegiatan ekstrakulikuler. Dengan cara kepala sekolah dan guru menyesuaikan kemampuan masing masing SDM, perkembangan wilayah, situasi dan kondisi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Penyederhanaan Kurikulum, TK Penggerak, Pesisir
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Anak Usia Dini, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 22 Mar 2024 02:04
Last Modified: 22 Mar 2024 02:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62177

Actions (login required)

View Item View Item