KEEFEKTIFAN MEDIA FLASHCARD BERBASIS DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK DAN MEMBACA AWAL PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK B


YUSUF MARONTA, 0108520008 (2023) KEEFEKTIFAN MEDIA FLASHCARD BERBASIS DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK DAN MEMBACA AWAL PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK B. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan media flashcard berbasis digital dalam meningkatkan kemampuan menyimak dan membaca awal pada anak kelompok B. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak usia 5-6 tahun RA Perwanida 3. Sampel terdiri dari anak kelompok B3 sebanyak 30 orang menjadi kelas eksperimen dan anak kelompok B2 sebanyak 30 orang menjadi kelas kontrol. Dalam penelitian ini menggunakan alat ukur berupa pedoman observasi cheklist kemampuan menyimak dan kemampuan membaca awal yang sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Pengujian hipotesis yang dilakukan yakni menggunakan uji t dengan melalui uji pransyarat normalitas dan homogenitas. Adapun hasil penelitian dalam tesis ini adalah: 1) Hasil yang ditemukan bahwa pada kelas eksperimen persentasenya lebih tinggi dari yang kelas kontrol. Dapat dilihat dari hasil rata-rata skor penilaian posttest kemampuan menyimak dan kemampuan membaca awal pada kelas eksperimen masing-masing sebesar 94,20 dan 96,93 yang sudah pada taraf kategori tinggi, sedangkan pada kelas kontrol rata�rata skor sebesar 68, 27 dan 69,60 yang masih dalam kategori rendah. 2) Hasil uji independent sample t-test dalam penelitian ini menunjukkan taraf sig. (2 tailed) 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan rata-rata kedua kelompok belajar terhadap kemampuan menyimak. Kelas yang menggunakan media flashcard digital terbukti lebih efektif dibandingkan kelas yang menggunakan media konvensional dalam meningkatkan kemampuan menyimak. 3) Hasil uji independent sample t-test dalam penelitian ini menunjukkan taraf sig. (2 tailed) 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan rata-rata kedua kelompok belajar terhadap kemampuan membaca awal. Kelas yang menggunakan media flashcard digital terbukti lebih efektif dibandingkan kelas yang menggunakan media konvensional dalam meningkatkan kemampuan membaca awal.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: flashcard berbasis digital, kemampuan menyimak, kemampuan membaca awal
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Anak Usia Dini, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 22 Mar 2024 01:55
Last Modified: 22 Mar 2024 01:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62175

Actions (login required)

View Item View Item