KREATIVITAS GURU DAN PEMBELAJARAN TARI BENDRONG LESUNG PADA PAUD TERPADU ANAK BANGSA CILEGON


ALFINA SETYAWATI, 0108520003 (2023) KREATIVITAS GURU DAN PEMBELAJARAN TARI BENDRONG LESUNG PADA PAUD TERPADU ANAK BANGSA CILEGON. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kreativitas guru dan pembelajaran tari Bendrong Lesung di PAUD Terpadu Anak Bangsa Cilegon. Penelitian ini dapat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif-interpretatif, dengan pendekatan interdisiplin. Desain penelitian yang digunakan adalah fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles & Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) proses penciptaan pembelajaran tari Bendrong Lesung melalui beberapa tahapan yang dilakukan untuk menemukan ide-ide baru yang diekspresikan melalui gerak, dengan terbentuknya tari melalui beberapa tahapan yaitu, eksplorasi, improvisasi, komposisi, serta evaluasi; 2) bentuk kreativitas guru pada pembelajaran tari Bendrong Lesung pada PAUD Terpadu Anak Bangsa Cilegon yaitu kreativitas pada tema, gerak tari, iringan tari, tata rias dan busana tari, serta perlengkapan/properti. Simpulan dalam penelitian ini bahwa kreativitas penciptaan pembelajaran tari ini harapannya dimiliki oleh semua guru PAUD agar dapat memberikan pelajaran yang menarik bagi anak, karena di dalam materi tersebut memuat bermacam-macam pelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan anak, baik kemampuan kognitif, sosial emosional, seni, fisik dan juga kemampuan bahasa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas Guru, Pembelajaran Tari, Tari Bendrong Lesung, Anak Usia Dini.
Subjects: L Education > Special Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Anak Usia Dini, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 22 Mar 2024 01:50
Last Modified: 22 Mar 2024 01:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62174

Actions (login required)

View Item View Item