PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBASIS STEAM TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL DAN EMOSI PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN


NIA LAILIN NISFA, 0108519016 (2023) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBASIS STEAM TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL DAN EMOSI PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Ciri utama dari kurikulum merdeka adalah pembelajaran berbasis projek untuk pengembangan soft skills dan karakter sesuai profil pelajar Pancasila. Pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum merdeka belajar adalah pembelajaran project based learning berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, dan Mathematics). Karena Pembelajaran PjBL berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, dan Mathematics) merupakan pembelajaran yang sangat penting dalam pendidikan saat ini, sehingga kemampuan sosial emosi anak dapat meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran project based learning terhadap keterampilan sosial dan emosi anak di TK Cempaka. Penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian One Group Pre-test Post-test . Hasil penelitian ini yaitu pendekatan pembelajaran PjBL berbasis STEAM dapat berpengaruh terhadap keterampilan sosial dan emosi anak di TK Cempaka. Berdasarkan rumusan masalah pada penelitian, dirumuskan pertanyaan yaitu bagaimana pengaruh pendekatan pembelajaran PjBL berbasis STEAM terhadap keterampilan sosial dan emosi anak. Hasil riset ini adalah pendekatan pembelajaran project based learning berbasis STEAM menghasilkan profil pendekatan PjBL berbasis STEAM di TK Cempaka sebesar 65%, profil keterampilan sosial dan emosi sebesar 75%, dan pendekatan pembelajaran PjBL berbasis STEAM dapat berpengaruh terhadap keterampilan sosial dan emosi anak berdasarkan nilai F hitung sebesar 15,860 dengan probabilitas 0,026. Bersumber pada pernyataan kasus riset, diformulasikan persoalan bagaimana pengaruh pendekatan pembelajaran PjBL berbasis STEAM terhadap keterampilan sosial dan emosi anak. Akibat dari riset pendekatan pembelajaran PjBL berbasis STEAM berbentuk pengembangan keterampilan sosial dan emosi anak yang bisa diaplikasikan disekolah maupun dalam aktivitas sehari-hari. Penelitian ini dapat menjadi inovasi terkait pendekatan pembelajaran project based learning berbasis STEAM di PAUD, terutama bagi penulis dan dapat menjadi sumber rujukan bagi peneliti selanjutnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning, STEAM, Keterampilan
Subjects: L Education > Special Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Anak Usia Dini, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 22 Mar 2024 01:44
Last Modified: 22 Mar 2024 01:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62172

Actions (login required)

View Item View Item