KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN SENTRA BERBASIS NILAI KEPRAJURITAN DALAM MENINGKATKAN KARAKTER NASIONALIS DI TK KARTIKA SEMARANG


FAIZAH, 0108518002 (2023) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN SENTRA BERBASIS NILAI KEPRAJURITAN DALAM MENINGKATKAN KARAKTER NASIONALIS DI TK KARTIKA SEMARANG. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Anak usia dini memiliki peranan yang sangat penting kedepannya sebagai generasi penerus bangsa, sehingga perlu dikenalkan dan diajarkan karakter nasionalisme supaya dapat berprilaku yang mencerminkan rasa cinta dan bangga terhadap tanah air. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis keefektifan model pembelajaran sentra berbasis nilai keprajuritan ddalam meningkatkan karakter nasionalis anak usia dini penelitian ini merupakan quasi experimental design bentuk non equivalent control group design. Sampel penelitian ini adalah TK Kartika III-2 sebanyak 17 siswa sebagai kelas eksperimen dan TK Kartika III-22 sebanyak 16 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan non tes yaitu menggunakan observasi karakter nasionalis, kemudian dianalisis menggunakan uji Paired Sample T-test, uji N-Gain, dan Independent Sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan karakter nasionalis dari pretest sebesar 25,82 meningkat menjadi 45,18 pada posttest uji paired sample T�test menunjukkan signifikansi yang diperoleh 0,000 < 0,05, hasil uji N-Gain kelas eksperimen memperoleh N-gain sebesar 0,74 “kategori tinggi, sedangkan kelas kontrol memperoleh N-gain 0,56 “kategori sedang”, dan hasil uji perbedaan rata-rata menunjukkan bahwa nilai sig.(2tailed) sebesar 0,000 < 0,05, Simpulan dari penelitian ini yaitu model pembelajaran sentra berbasis nilai keprajuritan efektif dalam meningkatkan karakter nasionalis siswa. Implikasi dari penelitian ini yaitu bagi PAUD dalam lingkungan TNI dan PAUD lainnya dapat menerapkan nilai keprajuritan untuk mengembangkan karakter nasionalis anak.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Karakter Nasionalisme, Kegiatan Pembelajaran, Nilai-Nilai Keprajuritan
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Anak Usia Dini, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 22 Mar 2024 01:26
Last Modified: 22 Mar 2024 01:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62169

Actions (login required)

View Item View Item