PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PENALARAN VERBAL BERBASIS WEBSITE PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS SMK


RYZKA CAHYANINGRUM, 0106521024 (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PENALARAN VERBAL BERBASIS WEBSITE PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS SMK. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian penalaran verbal berbasis website pada mata pelajaran Bahasa Inggris SMK kelas XI jurusan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran (OTKP) dengan analisis kebutuhan, desain, kelayakan, dan kepraktisan sebagai rumusan masalah. Penelitian ini mengadaptasi desain penelitian dan pengembangan Borg & Gall dengan 10 tahapan. Total tiga guru dan 249 siswa dilibatkan sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk data kualitatif, sedangkan data kuantitatif dikumpulkan melalui lembar validasi ahli, instrumen penilaian penalaran verbal, dan angket uji kepraktisan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data menurut Miles dan Huberman untuk data kualitatif dan validitas isi dengan Aiken’s V, validitas konstruk dengan Analisis Faktor Eksploratori (EFA) pada skala kecil dan Analisis Faktor Konfirmatori (CFA) pada skala besar, analisis butir dengan model Rasch pada skala kecil dan skala besar, reliabilitas dengan KR�20, dan uji kepraktisan dengan persentase kepraktisan untuk data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen penilaian penalaran verbal berbasis website perlu dikembangkan. Desain yang dikembangkan adalah website yang berisi instrumen penilaian penalaran verbal dan angket kepraktisan. Validitas isi membuktikan bahwa 20 butir pernyataan pada lembar validasi ahli valid. Validitas konstruk dengan EFA pada skala kecil menunjukkan bahwa instrumen penilaian penalaran verbal berbasis website bersifat unidimensi atau mengukur satu atribut kemampuan, yaitu kemampuan penalaran verbal. CFA pada skala besar juga menunjukkan bahwa instrumen penilaian bersifat unidimensi dengan model single order yang didukung oleh data. Analisis butir pada skala kecil menunjukkan bahwa butir 34 misfit pada keempat kriteria. Analisis butir pada skala besar menunjukkan seluruh butir diterima. Reliabilitas pada skala kecil dan skala besar menunjukkan instrumen penilaian penalaran verbal berbasis website reliabel. Uji kepraktisan menyatakan bahwa instrumen penilaian penalaran verbal berbasis website sangat praktis untuk digunakan. Dengan demikian, pengembangan instrumen penilaian penalaran verbal berbasis website terbukti valid dan reliabel, sehingga diharapkan dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Bahasa Inggris, Penalaran Verbal, Pengembangan Instrumen Penilaian.
Subjects: L Education > Educational Institutions
L Education > Educational Institutions > learning facilities
Fakultas: Pasca Sarjana > Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 21 Mar 2024 07:54
Last Modified: 21 Mar 2024 07:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62164

Actions (login required)

View Item View Item