PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN GURU TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA SISWA SEKOLAH DASAR BERBASIS ANDROID


MUHAMMAD FATAHUL UYUN, 0106521002 (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN GURU TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA SISWA SEKOLAH DASAR BERBASIS ANDROID. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Profil Pelajar Pancasila (P3) merupakan program pendidikan karakter dalam kurikulum merdeka untuk setiap jenjang pendidikan di Indonesia guna menanamkan nilai karakter luhur bangsa sesuai nilai Pancasila dalam menghadapi era Society 5.0. Faktanya masalah pendidikan karakter kerap timbul, yang salah satunya ketidakmampuan guru dalam mengembangkan instrumen penilaian pendidikan karakter P3 karena lebih memfokuskan pada penilaian kognitif. Mengatasi masalah yang timbul berkaitan dengan karakter generasi muda, pemerintah telah menerbitkan buku pedoman dan pengembangan karakter P3 untuk setiap satuan pendidikan. Namun instrumen penilaian karakter P3 belum dikembangkan sama sekali. Instrumen Penilaian sikap P3 digunakan untuk menilai sejauh mana siswa dapat mengimplementasikan karakter P3 dalam lingkungannya, serta untuk mengevaluasi program penanaman P3 secara kuantitatif melalui sistem operasi Android. Tujuan penelitian Pengembangan Instrumen Penilaian Guru terhadap Pendidikan Karakter Profil Pelajar Pancasila pada Siswa Sekolah Dasar Berbasis Android ini guna mengembangkan dan menghasilkan Aplikasi penilaian pendidikan karakter P3 dengan nama “KarakterKu” yang berisi instrumen penilaian pendidikan karakter P3 yang valid dan reliabel. Pendekatan penelitian yang digunakan ialah Research and Development dengan Metode 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) dari Thiagarajan, Samel and Samel yang dipadukan dengan prosedur pengembangan instrumen penilaian dari Mardapi dengan 11 langkah yaitu: (1) Analisis kebutuhan (2) Menyusun spesifikasi tes, (3) Menulis tes, (4) Menelaah Tes, (5) Uji one to on, (6) Melakukan uji coba tes, (7) Menganalisis butir tes, (8) Memperbaiki Tes, (10) Melaksanakan Tes, dan (11) Menafsirkan Tes. Hasil penelitian pengembangan Pengembangan Instrumen Penilaian Guru terhadap Pendidikan Karakter Profil Pelajar Pancasila pada Siswa Sekolah Dasar Berbasis Android didapatkan validitas isi dan reliabilitas Interrater setelah diberikan kepada 3 orang ahli dan 3 orang praktisi pendidikan didapatkan hasil yang valid dengan kriteria tinggi dan reliabel dengan kriteria tinggi. Hasil uji coba skala besar dilakukan pada 640 siswa pada 5 sekolah di Kota Mataram, untuk menganalisis hasil uji validitas konstruk dan reliabilitas konstruk Profil Pelajar Pancasila dengan 6 Dimensinya yaitu Religius Berkebhinekaan, Global, Gotong Royong, Mandiri, Berfikir Kritis dan Kreatif, melalui uji CFA (Confirmatory Factor Analysis) menggunakan metode SEM (Structural Equations Modeling) dalam software lisrel 8.8, sehingga didapatkan hasil bahwa model yang diajukan berdasarkan hasil Goodness of Fit Index (GOFI) (dengan masing-masing nilai Statistics χ2 dengan niliai df = 39, χ2 = 6,59, p-value = 0,92; NCP = 27.42; RMSEA = 0,29; ECVI = 0,035; NFI = 1,00; CFI = 1,00; IFI = 0,93; RFI = 0,98; CN = 379,36; SRMR = 0,042; GFI = 0,88; AGFI = 0,96; PGFI = 0,52) sehingga dinyatakan fit dan valid (dengan hasil validitas konstruk instrumen P3 dari niliai AVE = 0,96 serta reliabel (Reliabelitas konstruk dengan nilai AVE 0,96; dan Reliabelitas isi dengan nilai Alpha Crobach’s = 0,902).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Instrumen Penilaian, Pendidikan Karakter, Profil Pelajar Pancasila, Android, Siswa Sekolah Dasar.
Subjects: L Education > Educational Institutions
Fakultas: Pasca Sarjana > Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 21 Mar 2024 07:50
Last Modified: 21 Mar 2024 07:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62163

Actions (login required)

View Item View Item