KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY DENGAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING DAN COGNITIVE RESTRUCTURING UNTUK MEREDUKSI KECANDUAN MEDIA SOSIAL PADA SISWA SMA


NELLY HERAWATI JASUMA, 0106520040 (2023) KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY DENGAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING DAN COGNITIVE RESTRUCTURING UNTUK MEREDUKSI KECANDUAN MEDIA SOSIAL PADA SISWA SMA. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only

Download (669kB) | Request a copy

Abstract

Kecanduan media sosial merupakan permasalahan yang banyak dialami oleh siswa. Konseling kelompok cognitive behavior therapy teknik assertive training dan cognitive restructuring diprediksi mampu mereduksi kecanduan media sosial siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini: 1) Menguji keefektifan konseling kelompok pendekatan cognitive behavior therapy teknik assertive training dalam mereduksi kecanduan media sosial pada siswa SMA, 2) Menguji keefektifan konseling kelompok cognitive behavior therapy teknik cognitive restructuring dalam mereduksi kecanduan media sosial pada siswa SMA, 3) Menguji perbedaan tingkat keefektifan konseling kelompok cognitive behavior therapy teknik assertive training dan cognitive restructuring dalam mereduksi kecanduan media sosial pada siswa SMA. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan pretest-posttest control group design. Sampel penelitian berjumlah 24 siswa yang terbagi kedalam tiga kelompok. Subjek penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan wilcoxon signed rank test untuk menguji keefektifan konseling kelompok cognitive behavior therapy teknik assertive training dan cognitive restructuring dalam mereduksi kecanduan media sosial pada siswa SMA. Data penelitian ini diambil menggunakan instrumen social networking addiction scale yang diadaptasi ke dalam bahasa Indonesia dengan koefisien alpha sebesar 0.92. Hasil penelitian menunjukkan konseling kelompok cognitive behavior therapy teknik assertive training dan cognitive restructuring efektif untuk mereduksi kecanduan media sosial. Konseling kelompok cognitive behavior therapy teknik cognitive restructuring terbukti lebih efektif untuk mereduksi kecanduan media sosial dibandingkan dengan konseling kelompok cognitive behavior therapy teknik assertive training ditinjau dari aspek kecanduan media sosial yang memiliki nilai rendah setelah diberikan treatment. Berdasarkan hasil penelitian, maka saran yang diberikan bagi guru bimbingan dan konseling untuk dapat mengintegrasikan pada aspek kognitif dan perilaku sehingga mampu mereduksi kecanduan media sosial. Selain itu, hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi pengembangan keilmuan dalam layanan konseling kelompok cognitive behavior therapy teknik assertive training dan cognitive restructuring

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: konseling kelompok, cognitive behavior therapy, assertive training, cognitive restructuring, kecanduan media sosial
Subjects: L Education > HE Health Education,
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 21 Mar 2024 07:46
Last Modified: 21 Mar 2024 07:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62162

Actions (login required)

View Item View Item