MODEL LAYANAN INFORMASI DENGAN MEDIA KARTU KARIER BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PERENCANAAN KARIER SISWA


RISKA NOVIA RAHMAWATI, 0106520033 (2023) MODEL LAYANAN INFORMASI DENGAN MEDIA KARTU KARIER BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PERENCANAAN KARIER SISWA. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Keberhasilan dalam meniti karier merupakan prestasi yang berharga bagi seseorang. Perencanaan karier memainkan peran penting dalam mencapai kesuksesan ini. Dalam proses perencanaan karier tidak hanya sekedar memilih bidang atau profesi tertentu saja, tetapi dengan mempertimbangkan kelemahan dan kelebihan seseorang, sehingga hasil yang diperoleh memuaskan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development (R&D), tujuan dari penelitian R&D adalah untuk mengembangkan sebuah produk yang kali ini terkait pada bidang pendidikan yang teruji efektivitasnya. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA Taruna Pekanbaru, SMA Setia Dharma dan SMA Negeri Olahraga Provinsi Riau dengan jumlah 88 siswa sebagai sampel untuk pre-test. dimana uji coba lapangan utama atau efektifitas pada penelitian ini dilakukan dengan 1 sekolah yang memiliki pemahaman perencanaan karier yang rendah, diambil 1 kelas untuk pengujian pengembangan media dan pengujian empirik pada media. Pengambilan data difokuskan pada kelas XI. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini untuk memperoleh data yang dibutuhkan adalah teknik observasi, wawancara dan instrumen. Data dianalisa dengan menggunakan teknik kualitatif. Selain itu teknik kuantitatif juga digunakan untuk mengalisa data melalui uji normalitas, uji homogenitas, dan one sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model hipotetik yang dikembangkan dapat meningkatkan pemahaman perencanaan karir siswa. Berdasarkan uji kelayakan dari enam pakar yang terdiri dari ahli materi, ahli media, dan praktisi bahwa terdapat beberapa hal yang perlu direvisi terkait dengan produk yang dikembangkan. Berdasarkan uji kefektifan didapatkan pemahaman perencanaan karier siswa mengalami peningkatan setelah diberikan layanan informasi dengan media kartu karier berbasis android dibanding dengan pemahaman perencanaan karier siswa sebelum diberikan layanan informasi dengan media kartu karier berbasis android. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil perhitungan yang menunjukkan bahwa uji beda menunjukkan nilai mean posttest lebih besar dengan nilai 127.10 dibanding dengan nilai hasil pretest sebesar 113.367. Maka dari itu, hipotesis alternatif "Model Layanan Informasi dengan Media Kartu Karier Berbasis Android untuk Meningkatkan Pemahaman Perencanaan Karier Siswa” dapat diterima.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: layanan informasi, kartu karier, perencanaan karier, berbasis android
Subjects: L Education > HE Health Education,
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 21 Mar 2024 07:42
Last Modified: 21 Mar 2024 07:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62161

Actions (login required)

View Item View Item