PENGARUH HARAPAN HASIL TERHADAP PERENCANAAN KARIR MELALUI MINAT KARIR BIDANG SAINS MATEMATIKA DAN CAREER DECISION MAKING SELF-EFFICACY


SHOVIA SYAMSI HADARIA, 0106520007 (2023) PENGARUH HARAPAN HASIL TERHADAP PERENCANAAN KARIR MELALUI MINAT KARIR BIDANG SAINS MATEMATIKA DAN CAREER DECISION MAKING SELF-EFFICACY. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Karir yang sukses dapat dicapai ketika seseorang telah menjalankan sebuah proses perencanaan karir, dalam hal ini merupakan proses menentukan peluang pendidikan, pelatihan dan profesional yang sesuai dengan minat, hasrat dan tujuan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh harapan hasil terhadap perencanaan karir melalui minat bidang sains matematika dan CDMSE siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian yang bersifat ex-post facto dengan sampel berjumlah 311 responden yang dipilih teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen harapan hasil, perencanaan karir, minat karir sains matematika, dan career decision making self-efficacy scale. Uji validitas mendapatkan hasil koefisien sebesar 0.399- 0.959 dan reliabilitas alpha Cronbach sebesar 0.902-0.959. Metode analisis data yang digunakan yakni teknik analisis regresi linear sederhana dan analisis statistik mediator template/model 6 yang dikembangkan oleh Hayes (2013). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pengolahan data yang dilakukan menunjukkan tidak adanya pengaruh langsung positif yang signifikan perencanaan karir (β= .005; p<0.05), namun terdapat pengaruh langsung positif yang signifikan (β= .528, SE= .039) hasil interval kepercayaan diantara (LLCI= .451, ULCI= .601) yang memiliki makna bahwa apabila siswa memiliki harapan hasil yang tinggi maka perencanaan karir siswa akan tinggi apabila didukung dengan minat karir sains serta matematika dan career decision making self-efficacy sehingga penelitian ini dikatakan mediasi penuh. Penelitian ini memungkinkan konselor sekolah untuk menyesuaikan kembali pendekatan maupun teknik konseling sehingga konselor sekolah bisa lebih berfokus pada komponen yang paling relevan dan penting terkait permasalahan perencanaan karir.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Harapan hasil, perencanaan karir, minat karir, CDMSE
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 21 Mar 2024 07:34
Last Modified: 21 Mar 2024 07:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62159

Actions (login required)

View Item View Item