KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY TEKNIK SELF MANAGEMENT DAN TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING UNTUK MEREDUKSI PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA


IKI YUSRAN, 0106519040 (2023) KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY TEKNIK SELF MANAGEMENT DAN TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING UNTUK MEREDUKSI PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Prokrastinasi akademik siswa adalah jenis penundaan yang dilakukan pada jenis tugas formal yang berhubungan dengan tugas akademik, misalnya tugas sekolah atau tugas kursus. Individu dikatakan melakukan prokrastinasi akademik jika individu tersebut menunda pekerjaan penting tanpa alasan yang logis. Prokrastinasi akademik bisa ditujukan dengan menunda untuk memulai maupun untuk menyelesaikan kerja pada tugas yang dihadapi, keterlambatan dalam mengerjakan tugas, melakukan aktivitas lain yang lebih menyengkan daripada melakukan tugas yang harus dilakukan. Program layanan konseling kelompok berfokus pada konseli dengan mengeksplorasi, mendorong untuk berubah, dan menyelesaikan. Tujuan penelitian ini yaitu menguji efek dari teknik self management dan teknik cognitive restructuring, dengan format layanan konseling kelompok untuk mereduksi prokrastinasi akademik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis quasi-eksperimental dengan desain penelitian yang digunakan adalah Randomized Pretesi-positest Comparison Group Design. menggunakan teknik purposive random sampling. Sebanyak 12 peserta didik dari SMP Negeri 3 Wangi-wangi Selatan, Indonesia telah memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi serta dengan sukarela bersedia menjadi subjek dalam penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala prokrastinasi yang telah diadaptasi. Data dianalisis menggunakan uji Mann-Whitney t Test dan berpasangan Kruskal Wallis. Hasil analisis menunjukan bahwa konseling kelompok Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy baik untuk mereduksi prokrastinasi dengan F(2.537) = 1.529, p = .000, p2 = 142. Hasil analsisselanjutnya menunjukan bahwa terdapat efek yang signifikan dari gabungan teknik self management dan teknik cognitive restructuring, untuk mereduksi prokrastinasi. Berdasarkan hasil peneltian ini dapat diketahui bahwa meninjau karakteristik self management dan cognitive restructuring dapat membantu mereduksi prokrastinasi akademik siswa. Perlu adanya penelitian lebih lanjut untuk mereduksi prokrastinasi akademik siswa dengan menguji pendekatan yang lebih ekonomis dan lebih singkat.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Teknik Self Management dan Teknik Cognitive Restructuring,
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 21 Mar 2024 07:31
Last Modified: 21 Mar 2024 07:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62158

Actions (login required)

View Item View Item