PENGEMBANGAN INSTRUMEN UNJUK KERJA KEMAMPUAN PRAKTIK SHALAT BERJAMAAH PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS II MI


ERNAWATI, 0106519028 (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN UNJUK KERJA KEMAMPUAN PRAKTIK SHALAT BERJAMAAH PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS II MI. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pelaksanaan penilaian terhadap kinerja siswa pada kegiatan praktik Shalat berjamaah bagi siswa Madrasah Ibtidaiah (MI) belum memadai karena penilaian yang dilakukan masih bersifat subyektif dimana guru tidak menggunakan instrumen yang baik dalam menilai kinerja siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen unjuk kerja siswa pada kegiatan praktik shalat berjamaah, dimana instrumen yang dikembangkan dibuktikan validitas, diestimasi reliabilitas dan diuji kepraktisannya. Penelitian ini merupakan penelitian R&D untuk mengembangkan instrumen penilaian unjuk kerja siswa kelas II MI pada praktik Shalat berjamaah mata pelajaran Fiqih. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D yang terdiri dari analisis kebutuhan instrumen, membuat desain instrumen, mengembangkan, dan menyebarluaskan instrumen. Penelitian dilakukan di MI Al�Qolam, MI Dodu, MI Nurul Ilmi, dan MI Sambinae kota Bima. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara dan dokumentasi pada tahap analisis kebutuhan, sedangkan lembar observasi dan angket digunakan pada tahap pengembangan instrumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 3 instrumen untuk menilai kinerja siswa pada kegiatan praktik Shalat berjamaah yaitu instrumen unjuk kerja untuk Imam yang terdiri dari 23 item pernyataan dengan rata-rata V Aiken 0,87, instrumen unjuk kerja Makmum muwafik yang terdiri dari 24 item pernyataan dengan rata-rata V Aiken 0,85 dan instrumen unjuk kerja Makmum masbuk sebanyak 25 item pernyataan yang memiliki rata-rata V Aiken 0,86. Tiga instrumen yang dikembangkan telah terbukti validitas isinya karena rata-rata Aiken V melebihi kriteria minimum yang ditetapkan pada Tabel Aiken, dimana kriteria minimal V Aiken untuk item pengukuran yang menggunakan skala 4 dan standar eror 0.5, serta jumlah item 23, 24, dan 25 adalah sebesar 0,64. Sedangkan reliabilitas instrumen yang dianalisis menggunakan reliabilitas antar rater atau Intraclass Correlation Coefficient (ICC) menunjukkan instrumen reliabel dengan koefisien reliabilitas 0,79 untuk Instrumen unjuk kerja Imam, 0,78 untuk instrumen unjuk kerja Makmum masbuk, dan 0,73 untuk instrumen unjuk kerja makmum muwafik. Reliabilitas Internal dengan cronbach Alpha instrumen unjuk kerja imam sebesar 0,86, reliabilitas cronbach Alpha instrumen unjuk kerja makmum muwafik sebesar 0,84 dan reliabilitas cronbach Alpha instrumen unjuk kerja makmum masbuk sebesar 0,87. Instrumen unjuk kerja yang dikembangkan teruji kepraktisannya dengan presentasi 95% dan dikategorikan sangat praktis. Simpulan, instrumen unjuk kerja praktik shalat berjamaah siswa kelas II MI yang dikembangkan terbukti valid, terestimasi reliabel dan teruji praktis sehingga dapat digunakan sebagai alat untuk menilai kinerja siswa kelas II MI pada kegiatan praktik shalat berjamaah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Unjuk Kerja, Shalat Berjamaah, Praktik, Instrumen, Penilaian
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 21 Mar 2024 07:23
Last Modified: 21 Mar 2024 07:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62156

Actions (login required)

View Item View Item