KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING DAN POSITIVE REINFORCEMENT UNTUK MENINGKATKAN SELF-ESTEEM SISWA


RISNO RAHMAT IHTIAR, 0106519027 (2023) KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING DAN POSITIVE REINFORCEMENT UNTUK MENINGKATKAN SELF-ESTEEM SISWA. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Self-esteem merupakan bagian penting dari kesehatan mental terutama dalam penerimaan terhadap diri sendiri. Self-esteem yang rendah dianggap sebagai faktor risiko berkembangnya gangguan kesehatan mental termasuk depresi, perilaku antisosial, dan menurunnya prestasi akademik. Tujuan penelitian adalah untuk menguji efektivitas konseling kelompok teknik assertive training dan positive reinforcement terhadap peningkatan self�esteem siswa. Penelitian ini merupakan quasi experiment menggunakan factorial design 2x2. Pengambilan data dilakukan sebanyak 12 kali pertemuan yang terdiri dari kelompok A, B dan C dengan durasi 45 menit per sesi. Instrumen penelitian menggunakan self-esteem scale (SES). Hasil uji Wilcoxon menunjukkan bahwa teknik assertive training, positive reinforcement dan kombinasi memiliki intensitas yang sama (sampel yang saling berhubungan). Adapun hasil uji Two-Way ANOVA membuktikan bahwa teknik kombinasi lebih efektif dalam meningkatkan self-esteem siswa daripada teknik assertive training dan positive reinforcement secara terpisah. Disimpulkan bahwa hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai peta kognitif untuk mengidentifikasi low self-esteem siswa serta penangannya secara berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: self-esteem, assertive training, positive reinforcement, konseling kelompok
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Student Behavior
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 21 Mar 2024 07:18
Last Modified: 21 Mar 2024 07:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62155

Actions (login required)

View Item View Item