KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING DAN POSITIVE REINFORCEMENT UNTUK MENINGKATKAN SELF-ESTEEM SISWA
RISNO RAHMAT IHTIAR, 0106519027 (2023) KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING DAN POSITIVE REINFORCEMENT UNTUK MENINGKATKAN SELF-ESTEEM SISWA. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only Download (10MB) | Request a copy |
Abstract
Self-esteem merupakan bagian penting dari kesehatan mental terutama dalam penerimaan terhadap diri sendiri. Self-esteem yang rendah dianggap sebagai faktor risiko berkembangnya gangguan kesehatan mental termasuk depresi, perilaku antisosial, dan menurunnya prestasi akademik. Tujuan penelitian adalah untuk menguji efektivitas konseling kelompok teknik assertive training dan positive reinforcement terhadap peningkatan self�esteem siswa. Penelitian ini merupakan quasi experiment menggunakan factorial design 2x2. Pengambilan data dilakukan sebanyak 12 kali pertemuan yang terdiri dari kelompok A, B dan C dengan durasi 45 menit per sesi. Instrumen penelitian menggunakan self-esteem scale (SES). Hasil uji Wilcoxon menunjukkan bahwa teknik assertive training, positive reinforcement dan kombinasi memiliki intensitas yang sama (sampel yang saling berhubungan). Adapun hasil uji Two-Way ANOVA membuktikan bahwa teknik kombinasi lebih efektif dalam meningkatkan self-esteem siswa daripada teknik assertive training dan positive reinforcement secara terpisah. Disimpulkan bahwa hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai peta kognitif untuk mengidentifikasi low self-esteem siswa serta penangannya secara berkelanjutan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | self-esteem, assertive training, positive reinforcement, konseling kelompok |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Student Behavior |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 21 Mar 2024 07:18 |
Last Modified: | 21 Mar 2024 07:18 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62155 |
Actions (login required)
View Item |