Development of Smart Card Augmented Reality (SCAR) Media Based on Android with a Material Differentiated Learning Model Anti Lock Brake System Light Vehicle Engineering Expertise Competence Class XII Vocational School


Sardi, 0501522005 (2024) Development of Smart Card Augmented Reality (SCAR) Media Based on Android with a Material Differentiated Learning Model Anti Lock Brake System Light Vehicle Engineering Expertise Competence Class XII Vocational School. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of Cover - Daftar Isi Tesis.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (763kB) | Request a copy
[thumbnail of 2. BAB I - V Tesis - Revisi Finish.pdf] PDF - Draft Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of 3. Jurnal Sardi _0501522005.pdf] PDF - Draft Version
Restricted to Repository staff only

Download (566kB) | Request a copy
[thumbnail of 4. HAKI_SARDI.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Artikel Jurnal Sardi _0501522005.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (466kB) | Request a copy

Abstract

Guru harus mampu menciptakan pembelajaran yang aktif, inovatif, dan kreatif yaitu diantaranya dengan pengembangan media pembelajaran dalam rangka penerapan pola pembelajaran berdiferensiasi. Salah satunya adalah pengembangan SCAR berbasis Android. Pengembangan SCAR berbasis Android merupakan pemanfaatan aplikasi dalam Android yang akan mampu menampilkan bentuk visual suatu benda. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan capaian nilai pengetahuan/kognitif siswa. Penelitian ini menerapkan metode R&D (Penelitian dan pengembangan). Desain penelitian yang dipilih adalah model ADDIE, yang terdiri dari lima tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Unit analisis penelitian ini adalah pengembangan SCAR berbasis Android. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) lembar penilaian terhadap SCAR berbasis Android; (2) angket kepraktisan SCAR berbasis Android dan (3) angket kelayakan SCAR berbasis Android. Validitas lembar penilaian diperoleh dari perhitungan CVR dan reliabilitasnya menggunakan rumus ICC. Validitas angket kepraktisan menggunakan rumus koefisien korelasi point biserial, dan reliabilitas angket menggunakan rumus KR20. Validitas angket keefektifan menggunakan rhitung dan reliabilitas menggunakan rumus Cronbach's Alpha. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) kategorial untuk menentukan tingkat kelayakan m SCAR berbasis Android; (2) kategorial Guttman untuk menentukan tingkat kepraktisan SCAR berbasis Android, yaitu menggunakan koefisiensi Kr dan Ks; dan (3) N-Gain dan uji beda N-Gain menggunakan uji t, untuk menentukan keefektifan SCAR berbasis Android terhadap capaian nilai pengetahuan/kognitif siswa. Berdasarkan uji kelayakan, uji kepraktisan, dan uji efektivitas SCAR berbasis Android yang dikembangkan memperoleh tanggapan sangat layak oleh ahli media dan materi. Kemudian, memperoleh penilaian sangat praktis dari segi kepraktisan oleh guru dan siswa sebagai pengguna. Uji efektivitas yang dilakukan pada kelas eksperimen memperoleh kriteria efektif dan signifikan untuk meningkatkan capaian nilai pengetahuan/kognitif siswa. Kata Kunci: Pembelajaran berdiferensiasi, pengembangan SCAR berbasis Android, capaian nilai pengetahuan/kognitif siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran berdiferensiasi, pengembangan SCAR berbasis Android, capaian nilai pengetahuan/kognitif siswa.
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Kejuruan, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 04 Jul 2024 08:44
Last Modified: 04 Jul 2024 08:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62151

Actions (login required)

View Item View Item