KEEFEKTIFAN LAYANAN INFORMASI KARIER BERBANTUAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN STUDI LANJUT PADA SISWA KELAS IX MTs SALAFIYAH SYAFI’IYAH PROTO KEDUNGWUNI PEKALONGAN


SUGENG, 0106518069 (2023) KEEFEKTIFAN LAYANAN INFORMASI KARIER BERBANTUAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN STUDI LANJUT PADA SISWA KELAS IX MTs SALAFIYAH SYAFI’IYAH PROTO KEDUNGWUNI PEKALONGAN. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan layanan informasi karier berbatuan media video dalam meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan studi lanjut pada siswa kelas IX MTs Salafiyah Syafi’iyah Proto Kedungwuni Pekalongan. Pada masa remaja, pengambilan keputusan merupakan suatu hal yang sangat penting dalam menentukan masa depannya. Pengambilan keputusan berarti proses penentuan pilihan atau memilih diantara berbagai alternatif. Banyak diantara remaja yang masih mengalami kebingungan dalam mengambil keputusan dan merencanakan masa depannya memilih studi lanjut yang diharapkan. Kegagalan yang mereka alami akan menyebabkan keputusasaan dan hambatan meraih masa depan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi experimental design (eksperimen semu) dengan desain Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilakukan dengan memberikan perlakuan kepada kelompok eksperimen dan menyediakan kelompok kontrol sebagai pembanding. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX, sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan uji independent T-Test dan N-Gain untuk melihat peningkatannya. Hasil penelitian diketahui bahwa layanan informasi karier berbantuan video menunjukkan hasil yang signifikan pada peningkatan kemampuan pengambilan keputusan studi lanjut pada kelompok eksperimen dari hasil pretest 88.75 (rendah) sedangkan setelah perlakuan hasil posttest naik 120.25 (tinggi), mengalami peningkatan skor sebanyak 31.50. Hasil uji-t diperoleh nilai Sig. (2-tailed) adalah 0.000 < 0.05 maka Ha diterima, artinya layanan informasi Karier berbantuan media video efektif dalam meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan studi lanjut di MTs Salafiyah Syafi’iyah Proto Kedungwuni Pekalongan. Kemudian uji peningkatan melalui N-Gain, diperoleh skor N-Gain 56.65, artinya peningkatan tersebut dapat dicapai hingga 56.65% dan termasuk tingkatan tingkat sedang.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: layanan informasi karier, media video, kemampuan pengambilan keputusan studi lanjut, remaja.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 20 Mar 2024 04:45
Last Modified: 20 Mar 2024 04:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62146

Actions (login required)

View Item View Item