PENGARUH KELEKATAN REMAJA-ORANGTUA, REGULASI EMOSI, DAN HARGA DIRI TERHADAP PROBLEMATIC INTERNET USE (PIU) PADA REMAJA DI SMA NEGERI SE-KOTA TASIKMALAYA


Wastiti Adiningrum, 0106518068 (2023) PENGARUH KELEKATAN REMAJA-ORANGTUA, REGULASI EMOSI, DAN HARGA DIRI TERHADAP PROBLEMATIC INTERNET USE (PIU) PADA REMAJA DI SMA NEGERI SE-KOTA TASIKMALAYA. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi, termasuk internet mengalami kemajuan yang pesat. Namun, keberadaan internet dapat berdampak negatif ketika penggunaannya tidak tepat, atau disebut Problematic Internet Use (PIU). Penelitian ini bertujuan untuk menganlisis pengaruh kelekatan remaja-orangtua, regulasi emosi dan harga diri terhadap Problematic Internet Use (PIU). Penelitian ini melibatkan 120 remaja di SMA Negeri se-Kota Tasikmalaya dengan menggunakan pusposive sampling. Kuesioner yang dignakan dalam penelitian ini adalah Adolescent Attachment Questionnaire (AAQ), Emotion Regulation Questionnaire (ERQ), Rosenberg Self-Esteem Scale (RSES), dan Generalized Problematic Internet Use Scale 2 (GPIUS 2). Analisis data menggunakan uji deskriptif dan uji regresi liner berganda. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa kelekatan remaja-orangtua berpengaruh positif terhadap Problematic Internet Use (PIU), regulasi emosi berpengaruh postif terhadap Problematic Internet Use (PIU), harga diri berpengaruh positif terhadap Problematic Internet Use (PIU). Temuan terakhir dalam penelitian ini yaitu kelekatan remaja-orangtua, regulasi emosi dan harga diri secara simultan berpengaruh postif terhadap Problematic Internet Use (PIU). Implikasi penelitian ini dalam bidang bimbingan dan konseling dapat menjadi pengetahuan bagi konselor sekolah dalam rangka mengembangkan layanan bimbingan dan konseling bagi siswa, khususnya dalam rangka pengembangan layanan pribadi siswa. Hasil penelitian ini diharapkan mampu untuk dikembangkan kembali dengan menganalisis lebih rinci terhadap tiap�tiap indikator.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: kelekatan remaja-orangtua, regulasi emosi, harga diri, Problematic Internet Use (PIU)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 20 Mar 2024 04:41
Last Modified: 20 Mar 2024 04:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62145

Actions (login required)

View Item View Item