KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK MINDFULNESS BASED COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY UNTUK MEREDUKSI FOREIGN LANGUAGE CLASSROOM ANXIETY MELALUI SELF-EFFICACY PADA SISWA KELAS IX MTs PPMI SUKOHARJO


Nur Fitra Romadhona, 0106518051 (2023) KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK MINDFULNESS BASED COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY UNTUK MEREDUKSI FOREIGN LANGUAGE CLASSROOM ANXIETY MELALUI SELF-EFFICACY PADA SISWA KELAS IX MTs PPMI SUKOHARJO. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kecemasan bahasa asing dianggap sebagai salah satu faktor yang dapat menghambat pemelajar untuk tampil baik selama proses pembelajaran di kelas Bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas konseling kelompok mindfulness based cognitive behavior therapy untuk mereduksi foreign language classroom anxiety melalui self-efficacy pada siswa MTs PPMI Assalaam Sukoharjo. Subjek penelitian sebanyak 14 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok secara random, yaitu 7 siswa dalam kelompok kontrol dan 7 siswa dalam kelompok eksperimen yang akan diberikan treatment mindfulness based cognitive behavior therapy sebanyak 6 kali. Teknik pengumpulan data menggunakan skala angket kuisioner dengan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji repeated measures ANOVA dan analisis mediasi. Hasil penelitian menegaskan analisis interaksi yang menjadi dasar dalam pembuktian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat penurunan foreign language classroom anxiety yang terjadi pada kelompok eksperimen yang lebih besar daripada kelompok kontrol (F(3,11) = 10,789, dengan sig (p) = 0,007 < 0,05. Hal ini juga terlihat pada hasil pengujian hipotesis kedua yang ditunjukkan dengan nilai F hitung untuk kelompok perlakuan sebesar 11,061 dengan sig (p) 0,007 < 0,05. Dengan kata lain, konseling kelompok mindfulness based cognitive behavior therapy terbukti efektif untuk mereduksi foreign language classroom anxiety melalui self-efficacy pada siswa kelas IX MTs PPMI Assalaam Sukoharjo

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: MBCT, FLA, self-efficacy
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 20 Mar 2024 04:38
Last Modified: 20 Mar 2024 04:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62144

Actions (login required)

View Item View Item