KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF TALK DAN SOSIODRAMA UNTUK MENGURANGI COMMUNICATION APPREHENSION SISWA MAN 2 BANYUMAS


HARYANTO, 0106518061 (2023) KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF TALK DAN SOSIODRAMA UNTUK MENGURANGI COMMUNICATION APPREHENSION SISWA MAN 2 BANYUMAS. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Communication apprehension merupakan hal substansial untuk diperhatikan. Apabila seseorang tidak mempunyai kompetensi public speaking bisa menyebabkan hambatan hubungan sosial dan interpersonal bagi orang tersebut. Dalam realitas keseharian, banyak siswa yang masih kesusahan karena mengalami mengalami kecemasan tatkala berbicara di muka umum. Konsekuensinya, mereka tidak bisa berkomunikasi dengan baik. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji keefektifan konseling kelompok teknik self talk dengan teknik sosiodrama untuk mengurangi communication apprehension siswa di MAN 2 Banyumas Riset ini mengaplikasikan metode eksperimen dengan randomized pretest-posttest comparison group design. Dalam penelitian ini terdapat 21 subjek penelitian yaitu siswa MAN Banyumas yang memiliki communication apprehension tinggi yang dipilih dari 355 siswa. Purposive sample digunakan supaya mengelompokan 7 siswa ke dalam tiga kelompok eksperimen. Hasil penelitian menunjukan dimana konseling kelompok teknik self talk dan konseling kelompok sosiodrama efektif guna mereduksi communication apprehension. Hal tersebut ditunjukan pada setiap teknik pada pretest dan posttest. Berdasarkan hasil penelitian ini bisa di dapatkan bahwa kedua teknik memiliki keefektifan untuk mengurangi communication apprehension. Saran untuk konselor di sekolah agar melakukan konseling kelompok teknik sedan desensitisasi sistematis guna meminimalisasi communication apprehension. Selain hal tersebut, penelitian ini diharapkan dapat dikembangkan sesuai dengan temuan yang terbaru.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Konseling kelompok, self talk, sosodrama, communication apprehension
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > Educational Institutions
L Education > Educational Institutions > school management
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 20 Mar 2024 04:34
Last Modified: 20 Mar 2024 04:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62143

Actions (login required)

View Item View Item