PENGARUH SELF-EFFICACY DAN ACADEMIC ENGAGEMENT TERHADAP RESILIENSI AKADEMIK MAHASISWA PENYUSUN SKRIPSI SE-KABUPATEN MAJALENGKA


FITRI INSI NISA, 0106518060 (2023) PENGARUH SELF-EFFICACY DAN ACADEMIC ENGAGEMENT TERHADAP RESILIENSI AKADEMIK MAHASISWA PENYUSUN SKRIPSI SE-KABUPATEN MAJALENGKA. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Resiliensi merupakan kemampuan yang dimiliki individu untuk melanjutkan hidup setelah ditimpa kesulitan atau dan bertahan ditengah lingkungan dalam tekanan yang berat. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi resiliensi adalah self-efficacy dan academic engagement. Self-efficacy merupakan keyakinan individu akan kemampuan yang dimilikinya untuk melakukan suatu bentuk kontrol terhadap keberfungsian individu dan segala sesuatu yang terjadi pada lingkungannya. Selanjutnya, academic engagement adalah komitmen mahasiswa untuk belajar mengidentifikasi dan berpartisipasi dalam lingkungan kampus untuk memperoleh hasil yang ingin dicapai. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain expost facto. Pendekatan yang digunakan oleh peneliti adalah pendekatan korelasional (correlational research). Subjek penelitian adalah mahasiswa yang sedang menempuh skripsi sejumlah 931 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sample, sehingga diperoleh sampel berjumlah 280 mahasiswa. Uji hipotesis menggunakan analisis regresi linear sederhana dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada nilai signifikan (sig) dihasilkan 0,033 yang artinya 0,033 < 0,05 berarti self-efficacy berpengaruh signifikan terhadap resiliensi akademik mahasiswa. Selain itu nilai signifikansi (sig) dihasilkan 0,046 yang artinya 0,046 < 0,05 berarti academic engagement berpengaruh signifikan terhadap resiliensi akademik mahasiswa. Selanjutnya diuji secara bersama-sama menghasilkan nilai signifikan (sig) 0,012 yang artinya 0,012 < 0,05 berarti menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara self-efficacy dan academic engangement terhadap resiliensi akademik mahasiswa dalam penyelesaian skripsi. Berdasarkan hasil penelitian ini bisa disimpulkan bahwa self-efficacy berpengaruh signifikan terhadap resiliensi akademik mahasiswa, academic engangement berpengaruh signifikan terhadap resiliensi akademik mahasiswa, dan self-efficacy dan academic engangement berpengaruh signifikan terhadap resiliensi akademik mahasiswa dalam penyelesaian skripsi. Saran untuk dosen agar mempergunakan temuan dalam penelitian ini untuk melihat kondisi mahasiswa yang sedang dalam penyusunan skripsi agar tidak mengalami hambatan dan kesulitan Selain hal tersebut, penelitian ini diharapkan dapat dikembangkan sesuai dengan temuan yang terbaru

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: self-efficacy, academic engagement, resiliensi akademik mahasiswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > Educational Institutions
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 20 Mar 2024 04:30
Last Modified: 20 Mar 2024 04:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62142

Actions (login required)

View Item View Item