Keefektifan Konseling Kelompok Motivational Interviewing dan Solution Focused Brief Counseling untuk Meningkatkan Academic Hardiness Siswa


Arnika Dewi Larasati Ayuningtias, 0106518056 (2023) Keefektifan Konseling Kelompok Motivational Interviewing dan Solution Focused Brief Counseling untuk Meningkatkan Academic Hardiness Siswa. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Hardiness merupakan karakteristik kepribadian yang melibatkan kemampuan untuk mengendalikan kejadian-kejadian yang tidak menyenangkan dan memberi makna positif terhadap kejadian tersebut sehingga tidak menimbulkan stres pada individu yang bersangkutan. Hardiness dalam hal akademik dikenal dengan academic hardiness atau ketangguhan akademik. Seseorang dengan academic hardiness memiliki kesediaan untuk merasa tertantang untuk berprestasi, berkomitmen dalam kegiatan akademik, dan menganggap bahwa mereka memiliki kontrol atas kerja dan hasil mereka. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji keefektifan konseling kelompok Mo�tivational Interviewing dan Solution Focused Brief Counseling untuk meningkat�kan academic hardiness siswa . Riset ini menggunakan metode eksperimen dengan randomized Pretest�posttest comparison group design. Subjek merupakan siswa SMA N 9 Semarang sebanyak 16 siswa yang dipilih dari 290 siswa. Pengelompokan 8 siswa ke dalam dua kelompok menggunakan purposive sampling. instrumen penelitian ini menggunakan Revised Academic Hardiness Scale (RAHS) sebanyak 40 item pernyataan yang mencakup tiga aspek yakni commitment, control (affect & effort), dan challenge. Hasil penelitian menunjukan konseling kelompok Motivational Interviewing dan Solution Focused Brief Counseling efektif untuk meningkatkan Academic hardiness siswa. Hasil tersebut berdasarkan peningkatan setiap indikator ber�dasarkan skor Pretest dan posttest dari masing-masing kelompok yang diberikan perlakuan. Berdasarkan hasil penelitian ini bisa di dapatkan bahwa Motivational Interviewing memiliki keefektifan yang lebih tinggi dibandingkan Solution Fo�cused Brief Counseling untuk meningkatkan Academic hardiness siswa. Saran untuk konselor di sekolah agar melakukan konseling kelompok Motivational Interviewing dan Solution Focused Brief Counseling untuk meningkatkan Academic hardiness siswa. Selain hal tersebut, penelitian ini diharapkan dapat dikembangkan sesuai dengan temuan yang terbaru.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: konseling kelompok, Motivational Interviewing, SFBC, Academic hardiness
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 20 Mar 2024 04:26
Last Modified: 20 Mar 2024 04:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62141

Actions (login required)

View Item View Item