PENGARUH MINDFULNESS TERHADAP STUDENT ENGAGEMENT MELALUI SELF-ESTEEM PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) SE-KOTA PEKALONGAN


AFRON MUZZAKI, 0106518053 (2023) PENGARUH MINDFULNESS TERHADAP STUDENT ENGAGEMENT MELALUI SELF-ESTEEM PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) SE-KOTA PEKALONGAN. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Dalam proses pembelajaran, student engagement merupakan fenomena penting untuk diperhatikan terutama dalam bidang Bimbingan dan Konseling disekolah guna mencapai kesuksesan belajar siswa. Diantara keragaman pengalaman akademik seperti student engagement, dibutuhkan adanya perhatian berkelanjutan. Self-esteem merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi student engagement, sebab self-esteem dianggap sebagai hasil penting dalam tugas belajar siswa karena memiliki hubungan yang erat dengan kesejahteraan psikologis dan memberikan kontribusi baik terhadap keberhasilan siswa dalam domain akademik. Mengacu pada permasalahan tersebut, terdapat faktor lain yang mempengaruhi keduanya, yaitu mindfulness. Penelitian ini berjensi expost facto dengan melibatkan 286 orang siswa SMK se-Kota Pekalongan. Subjek penelitian dipilih menggunakan Proporsional Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan The Five Facet Mindfulness Questionnaire (FFMQ), University Student Engagement Inventory (USEI), dan Rosenberg Self-Esteem Scale (RSES), Metode analisis data menggunakan uji multiple regression. Hasil uji hipotesis menunjukkan self-esteem memediasi secara positif hubungan antara mindfulness dan student engagement (B= 0.14, se= 0.04). Level of confidence interval sebesar 95% dengan 10,000 bootstrap samples yang berada di antara 0.06 (LLCI) - 0.22 (ULCI). Sementara itu, hasil analisis total effect, menunjukan bahwa mindfulness secara simultan dijelaskan positif oleh student engagement (B= 0.35, se= 0.08). Hasil interval kepercayaan (CL) 95% berkisar 0.18 (LLCI) - 0.51 (ULCI). Hasil temuan ini menegaskan bahwa pengaruh langsung model mediasi dari mindfulness terhadap student engagement adalah sangat signifikan, serta terdapat pengaruh mediasi dari self-esteem terhadap mindfulness dengan student engagement yang signifikan, maka dapat dimaknai mediasi yang terjadi adalah mediasi penuh. Oleh karena itu, diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan landasan bagi studi eksperimen. Karena mindfulness juga bertindak sebagai keterampilan diri yang dapat direalisasikan dalam bentuk latihan harian atau mingguan, sebagai upaya peningkatan self-esteem dan student engagement.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: mindfulness, student engagement, self-esteem, sekolah menengah kejuruan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 20 Mar 2024 04:16
Last Modified: 20 Mar 2024 04:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62139

Actions (login required)

View Item View Item