KEEFEKTIFAN MINDFULNESS BASED COGNITIVE THERAPY UNTUK MENINGKATKAN PSYCHOLOGICAL CAPITAL DAN ACADEMIC PERFORMANCE PADA SISWA NOMOPHOBIA


Farhatus Sholihah, 0106518048 (2023) KEEFEKTIFAN MINDFULNESS BASED COGNITIVE THERAPY UNTUK MENINGKATKAN PSYCHOLOGICAL CAPITAL DAN ACADEMIC PERFORMANCE PADA SISWA NOMOPHOBIA. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Psychological capital dan academic performance merupakan faktor pemicu terjadinya masalah nomophobia pada siswa. Tingginya intensitas penggunaan gadget pada siswa dikarenakan minimnya psychological capital dan academic performance sehingga dapat menimbulkan dampak pada emosi, sikap dan perilaku yang cenderung negatif menyebabkan siswa mengalami nomophobia. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Psycap dan academic performance pada siswa gejala nomophobia dengan menggunakan pendekatan mindfulness based cognitive therapy. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian randomized pretest-posttest control group design. Teknik pemilihan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan melibatkan 10 siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Arjawinangun yang seluruhnya adalah siswa perempuan sebagai subjek penelitian dan dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang cukup signifikan pada konseling individu mindfulness based cognitive untuk meningkatkan psychological capital pada siswa nomophobia dengan nilai sig. = 0.000 < sig.= 0.05. Selanjutnya pada academic performance pada siswa nomophobia dengan nilai sig. = 0.001< sig.= 0.05. Oleh karena itu dari hasil ini menunjukan bahwa mindfulness based cognitive therapy dapat meningkatkan psychological capital dan academic performance pada siswa nomophobia

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: konseling individu, mindfulness based cognitive therapy, psychological capital, academic performance, nomophobia.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 20 Mar 2024 04:13
Last Modified: 20 Mar 2024 04:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62138

Actions (login required)

View Item View Item