KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK STRATEGY COPING DENGAN PROBLEM FOCUSED COPING DAN EMOSIONAL FOCUSED COPING UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU ASSERTIF SISWA DI SMK ASTRINDO KOTA TEGAL


Miftakhul Khabibi, 0106518043 (2023) KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK STRATEGY COPING DENGAN PROBLEM FOCUSED COPING DAN EMOSIONAL FOCUSED COPING UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU ASSERTIF SISWA DI SMK ASTRINDO KOTA TEGAL. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Perilaku Asertif dalam kehidupan bersosial berpengaruh dengan individu dalam beradaptasi dengan lingkungan baru, pergaulan dan memahami hak-hak diri sendiri dan orang lain. Ketidakmampuan menampilkan perilaku yang tidak adaptif mengarah individu untuk cenderung pasif atau agresif. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas konseling kelompok strategy coping dengan problem focused coping dan emotional focused copinguntuk meningkatkan perilaku asertifsiswa SMK Astrindo Kota Tegal. Desain penelitian eksperimen Randomized Pretes-Postest Comparison Group Design. dengan melibatkan 21 siswa menjadi subjek penelitian dan menggunakan skala The Rathus Assertiveness Schedule (RAS) dalam pengumpulan data. Untuk lebih lanjut, data tingkat asertif yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan one way ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga eksperimen konseling kelompok Strategy Coping dengan problem focused coping, emotional focused coping dan gabungan keduanya efektif dalam meningkatkan perilaku asertif. Dari ketiganya, konseling kelompok strategy coping dengan emotional focused coping lebih efektif meningkatkan perilaku asertif dibandingkan dengan kelompok yang lain. Hal ini ditunjukan dengan perubahan tingkat perilaku asertif sebelum diberikan perlakuan (pre-test) dan setelah diberikan perlakuan (post-test) mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategy Coping Pfc & Efc, Asertive Behavior.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 20 Mar 2024 04:02
Last Modified: 20 Mar 2024 04:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62136

Actions (login required)

View Item View Item