PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP SELF-CONTROL PADA SISWA MADRASAH ALIYAH (MA) DI KOTA SEMARANG (IMPLIKASI TERHADAP BIMBINGAN DAN KONSELING)


Ainun Fadlilah, 0106518037 (2023) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP SELF-CONTROL PADA SISWA MADRASAH ALIYAH (MA) DI KOTA SEMARANG (IMPLIKASI TERHADAP BIMBINGAN DAN KONSELING). Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Self-control merupakan kemampuan untuk mengendalikan diri, emosi, perilaku dari suatu dorongan atau keinginan individu ke arah yang lebih positif, agar dapat sesuai dengan norma kehidupan. Mengacu pada temuan-temuan terdahulu kecerdasan emosiona, kecerdasan spiritual memberikan efek terhadap self-control pada individu. Adapun tujuan dari penelitian ini 1) menganalisis pengaruh kecerdasan emosional terhadap self-control, 2) menganalisis pengaruh kecerdasan spiritual terhadap self-control, 3) menganalisis pengaruh kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap self-control pada siswa. Popuasi pada penelitian ini berasal dari siswa/siswi Madrasah Aliyah (MA) di Kota Semarang berjumah 5.723 siswa berasal dari dua puluh dua sekolah MA Negeri/ Swasta di Kota Semarang. Sampel penelitian sebanyak 329 siswa. Metode penelitian kuantitatif, jenis penelitian korelasional expost facto, teknik analisis data menggunakan regresi hirarki dengan bantuan SPSS. Penelitian dilakukan dengan mendistribusikan skala penelitian melalui penyebaran secara langsung dan google form secara online kepada sampel penelitian. Hasil penelitian menujukkan; 1) terdapat pengaruh positif signifikan antara kecerdasan emosional terhadap self-control pada siswa sebesar 18%; 2) ada pengaruh signifikan antara kecerdasan spiritual terhadap self-control pada siswa sebesar 30%; 3) ada pengaruh signifikan antara kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual dengan self-control pada siswa sebesar 12,2%. Pengaruh kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap self�control pada siswa MA di Kota Semarang meningkat. Semakin tinggi kecerdasan emosional maka semakin tinggi self-control begitupun sebaliknya. Semakin tinggi kecerdasan spiritual maka semakin tinggi self-control begitupun sebaliknya. Saran untuk peneliti selanjutnya yaitu mengintegrasikan variabel lain untuk menyelidiki peran kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap self-control. Selain itu, self-control dapat digunakan sebagai keterampilan diri yang diaplikasikan dalam latihan harian atau mingguan pada desain penelitian eksperimental

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: self-control, kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 20 Mar 2024 03:50
Last Modified: 20 Mar 2024 03:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62134

Actions (login required)

View Item View Item