EFEKTIFITAS KONSELING KELOMPOK TEKNIK ABILITY POTENTIAL RESPONSE DAN LIVE MODELING UNTUK MENINGKATKAN ADAPTABILITAS PILIHAN KARIR


GUS MUNIR, 0106518036 (2023) EFEKTIFITAS KONSELING KELOMPOK TEKNIK ABILITY POTENTIAL RESPONSE DAN LIVE MODELING UNTUK MENINGKATKAN ADAPTABILITAS PILIHAN KARIR. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Adaptabilitas pilihan Karir menjadi pembahasan yang menarik bagi setiap individu, lebih-lebih pada remaja akhir pada tingkat SMA/SMK/MA karena adaptabilitas pilihan karir merupakan keyakinan diri seorang individu dalam proses menyeleksi dan membandingkan beberapa alternatif pilihan karir yang akan dijalaninya yang terbaik melalui kegiatan pengumpulan fakta dan data tentang diri sendiri dan lingkungan serta peluang yang ada dengan keyakianan diri yang matang. Sementara masa remaja merupakan masa penting dalam pengambilan keputusan karir. Guna meningkatkan adaptabilitas pilihan karir, perlu diberi layanan konseling kelompok dengan teknik ability potential response, live modeling, dan gabungan teknik keduanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas konseling kelompok dengan teknik ability potential response, live modeling, dan gabungan teknik keduanya untuk meningkatkan adaptabilitas pilihan karir serta perbedaan ketiganya. Penelitian ini menggunakan randomized pretest-postest comparison group design. Subyek penelitian ini adalah 24 siswa Kelas XII MA Al Adzkar Demak yang dibagi menjadi tiga kelompok eksperimen. Instrument pengumpulan data menggunakan Scale of career choice adaptability. Analisis data menggunakan analisis deskripsi, uji normalitas, uji homogenitas, uji paired sample t-test dan uji one way anova dilanjutkan pos hoc test dan uji hasil tukey HSD dengan software aplikasi IMB SPSS versi 21. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa konseling kelompok teknik ability potential response, live modeling, dan gabungan teknik kedua tersebut efektif meningkatkan adaptabilitas pilihan karir siswa MA Al Adzkar Demak dan konseling kelompok gabungan teknik ability potential response dan live modeling terbukti lebih efektif dibandingkan kelompok teknik live modeling dan teknik ability potential response untuk meningkatkan adaptabilitas pilihan karir siswa MA Al Adzkar Demak dengan nilai rata-rata kelompok 107,63 atau 89,69% dalam kategori sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: ability potential response, live modeling, adaptabilitas pilihan karir.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 20 Mar 2024 03:46
Last Modified: 20 Mar 2024 03:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62133

Actions (login required)

View Item View Item