PENGARUH PERAN GENDER DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIER MELALUI ADAPTABILITAS KARIER PADA SISWA MA SWASTA DI KABUPATEN KUDUS


Zumrotul Hana, 0106518033 (2023) PENGARUH PERAN GENDER DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIER MELALUI ADAPTABILITAS KARIER PADA SISWA MA SWASTA DI KABUPATEN KUDUS. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] HTML (TESIS)
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pengambilan keputusan karier merupakan hal yang sangat berpengaruh dan memiliki peran yang penting bagi setiap individu. Sebuah pengambilan keputusan karier yang ideal adalah ketika seseorang mampu menyadari kebutuhan dalam membuat keputusan, memiliki kesiapan dalam membuat keputusan, dan mampu membuat keputusan dengan benar. Tujuan dalam penelitian ini adalah; 1) menganalisis pengaruh peran gender pada pengambilan keputusan karier, 2) menganalisis pengaruh dukungan sosial terhadap pengambilan keputusan karier, 3) menganalisis pengaruh peran gender pada adaptabilitas karier, 4) menganalisis pengaruh dukungan sosial pada adaptabilitas karier, 5) menganalisis pengaruh peran gender pada pengambilan keputusan karier melalui adaptabilitas karier, 6) menganalisis pengaruh dukungan sosial pada pengambilan keputusan karier melalui adaptabilitas karier, 7) menganalisis pengaruh adaptabilitas karier pada pengambilan keputusan karier. Populasi merupakan 1529 siswa dari 5 Madrasah Aliyah di Kudus dan sampel penelitian sebanyak 286 siswa. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitiannya adalah korelasional eksplanatorik. Teknik analisis menggunakan regression based path analytic framework, dan untuk menguji efek mediasi menggunakan sobel test. Penelitian dilakukan dengan mendistribusikan skala secara langsung dan juga melalui google form. Hasil penelitian menunjukkan; 1) peran gender berpengaruh terhadap pengambilan keputusan karier, 2) dukungan sosial berpengaruh terhadap pengambilan keputusan, 3) peran gender berpengaruh terhadap adaptabilitas karier, 4) Dukungan sosial berpengaruh terhadap adaptabilitas karier, 5) peran gender berpengaruh terhadap pengambilan keputusan karier melalui adaptabilitas karier, 6) dukungan sosial berpengaruh terhadap pengambilan keputusan karier melalui adaptabilitas karier, 7) adaptabilitas karier berpengaruh terhadap pengambilan keputusan karier. Saran untuk penelitian masa depan adalah untuk memperluas populasi dan sampel penelitian yang berbeda.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Peran gender, dukungan sosial, adaptabilitas karier, pengambilan keputusan karier
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 20 Mar 2024 03:41
Last Modified: 20 Mar 2024 03:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62131

Actions (login required)

View Item View Item